Sunday, 5 July 2020

Berita

Berita Utama

2020, Direktur P2P Awali Pembinaan ke BP3TKI Jakarta

-

00.01 13 January 2020 1173

Penyerahan buku dari Direktur P2P, Ahnas kepada Kepala BP3TKI Jakarta, Mucharom Ashadi

Jakarta, BNP2TKI (13/01/20) – Direktur Penyiapan dan Pembekalan Pemberangkatan BNP2TKI, Ahnas, S.Ag, M.Si lakukan kegiatan pembinaan, monitoring dan evaluasi terkait pelaksanaan pelayanan penempatan di BP3TKI Jakarta pada Jumat, 10/01/20.

Kegiatan pembinaan dengan mengunjungi kantor BP3TKI ini dalam rangka monitoring evaluasi, juga membahas isu terkini terkait pelayanan penempatan didaerah, dan dimulai dari BP3TKI Jakarta, yang terdekat” ungkap Ahnas.

Didampingi kasi pembiayaan, Restu Dewi Utami dan kasi penyiapan pemberangkatan kawasan Asia Pasifik Amerika, Dwi Hartanto, mencatat sejumlah permasalahan yang terjadi didaerah untuk kemudian ditindaklanjuti di pusat. Diterima oleh Kepala BP3TKI Jakarta, Mucharom beserta kepala seksi dan jajaran.

Beberapa isu permasalahan yang dicatat dari BP3TKI Jakarta, antara lain terkait ID PMI dengan basis data NIK yang memerlukan koordinasi dengan Ditjen Dukcapil, fasilitasi sarana prasarana Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) didaerah.

“Kami sudah melakukan pemetaan dan perencanaan terkait OPP, untuk pelaksanaan OPP dapat diselenggarakan di LTSA sehingga diharapkan dinas kabupaten/kota dan atau LTSA mempersiapkan sarana prasarana untuk mempermudah pelayanan terhadap Calon PMI”

“Sekaligus dilakukan peningkatan kualitas Instruktur OPP melalui sertifikasi kompetensi, dan standarisasinya yang ditentukan oleh BP2MI” ujar Ahnas.

Isu lain yang dicatat, terkait sertifikat online, pembinaan LSP untuk Customer Service, persoalan verifikasi dokumen penempatan, dan fasilitasi pelaksanaan penempatan PMI Direct Hiring SP2T.

“Untuk SP2T secara intens sudah dibicarakan, dan saat ini sedang mensiasati pola baru, berbasis penempatan. Kedepan ada beberapa komponen harus diubah karena basis nya adalah PMI perseorangan.” jelasnya.

Untuk mendapatkan masukan dan membahas isu-isu terkini seputar pelayanan penempatan didaerah, Direktorat P2P akan menyelenggarakan Video Conference dengan seluruh BP3TKI dan LP3TKI pada Kamis, 16 Januari 2020.

Selain dalam rangka pembinaan pelaksanaan pelayanan penempatan di BP3TKI Jakarta, Direktur P2P juga berkesempatan menjadi khatib pada khotbah Jumat yang dilaksanakan di Mesjid Al Muhajirin kantor BP3TKI Jakarta. *** (Humas/DH).