Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

Apresiasi Roadshow ke Titik Layanan BP2MI, Disnaker se-Provinsi Banten Dukung Pertemuan dengan Kepala Daerah

-

00.11 25 November 2021 166

Apresiasi Roadshow ke Titik Layanan BP2MI, Disnaker se-Provinsi Banten Dukung Pertemuan dengan Kepala Daerah

Serang, BP2MI (25/11) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Wilayah Banten menggelar Sosialisasi Pencegahan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Nonprosedural, Rabu (24/11/2021). Kegiatan ini dikemas dalam bentuk roadshow ke beberapa titik layanan BP2MI, seperti Pos Pelayanan BP2MI Tangerang, Lounge PMI di Bandara Soekarno Hatta, serta berakhir di Kantor Pusat BP2MI.

Dibuka oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten, Al Hamidi, yang memberikan dukungan atas eksistensi UPT BP2MI Wilayah Banten. 

“Kami sangat mendukung keberadaan UPT BP2MI Wilayah Banten di wilayah kami. Karena sangat membantu kerja kami terutama dalam hal pelindungan terhadap pekerja migran,” ujar Al Hamidi, di Ruang Rapat UPT BP2MI Wilayah Banten, Rabu (24/11).

Setelah acara dibuka, peserta sosialisasi melanjutkan kunjungan ke Pos Pelayanan BP2MI Tangerang dan Lounge PMI di Bandara Soekarno-Hatta. Peserta tampak serius mendengarkan informasi sekaligus menikmati suasana yang ada. 

Melanjutkan kunjungan ke Kantor Pusat BP2MI, peserta disambut langsung oleh Kepala BP2MI, Benny Rhamdani. Dalam sambutannya, Benny berharap agar Pemerintah Daerah semakin meningkatkan pelayanan dan pelindungannya terhadap PMI. 

“Saya membayangkan, alangkah senangnya PMI ketika mengetahui mereka pulang ke Indonesia dijemput oleh bus bertuliskan Pemerintah Provinsi Banten. Ada kebanggaan dalam diri PMI, Pemerintah Daerah peduli dan hadir kepada PMI”, ujar Benny.

Benny juga turut menceritakan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Pemberantasan Sindikat Penempatan Ilegal PMI dalam upaya pemberantasan sindikasi penempatan ilegal PMI, dan kerja-kerja yang sudah dilakukan oleh BP2MI. 

“Selama 1 tahun 8 bulan saya memimpin Badan ini, kami sudah melakukan 40 kali penggerebekan tempat penampungan ilegal dan menyelamatkan 1901 orang. Tidak dapat dipungkiri, praktek penempatan illegal PMI ini masih marak dan sulit disentuh oleh hukum, belum lagi ‘bekingan’ oknum yang memiliki atribut kekuasaan, dan ini tidak boleh kita biarkan”, tegas Benny.

Memberikan apresiasi, Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Kerja, Disnakertrans Kabupaten Serang, Ugun Gumilang, menyatakan Disnakertrans Kabupaten Serang akan terus mendorong Pemerintah Daerah agar Rapat Koordinasi BP2MI dengan Pemerintah Daerah Provinsi Banten dapat segera terlaksana.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Sosialisasi UU 18 tahun 2017 dilanjutkan dengan roadshow yang dilakukan oleh UPT BP2MI Wilayah Banten. Karena kita juga memiliki kepentingan terhadap warga kita yang menjadi PMI. Alhamdulilah bertemu langsung dengan Kepala BP2MI, kita berdiskusi langsung dengan beliau dan kita akan menindaklanjuti dengan mendorong Pemerintah Daerah untuk mengadakan rapat koordinasi antara BP2MI dengan Kepala daerah yg ada di Banten, baik Gubernur maupun Bupati atau Walikota”, ujar Ugun. 

Menutup sesi kunjungan, Benny turut mengajak para peserta mengunjungi Command Center BP2MI. Hadir dalam sosialiasi tersebut, yaitu Kepala Disnakertrans Lebak, Kepala Disnakertrans Pandeglang, perwakilan dari Disnakertrans Kabupaten Serang, Disnakertrans Kota Serang, Disnaker Kabupaten Tangerang, Disnaker Kota Tangerang Selatan, dan Disnaker Kota Tangerang. **(Humas/UPT BP2MI Wilayah Banten/BNC/AMW)