Thursday, 22 October 2020

Berita

Berita Utama

Baiq Mariati Pulang ke NTB Setelah 37 Tahun Putus Komunikasi

-

00.08 26 August 2020 250

Baiq Mariati Pulang ke NTB Setelah 37 Tahun Putus Komunikasi

Mataram, BP2MI (26/06) - Baiq Mariati (75 Tahun) akhirnya dapat berkumpul kembali dengan keluarganya di Lombok Utara setelah merantau dan bekerja di Malaysia selama 37 tahun. Setelah meninggalkan NTB dan menjadi PMI di Malaysia, yang bersangkutan tidak pernah lagi berkomunikasi dengan pihak keluarga. Suasana haru terasa saat pihak keluarga akhirnya menjemput Baiq Mariati di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Dinas Sosial Provinsi NTB, Kota Mataram, Selasa (25/08).

UPT BP2MI Mataram memfasilitasi kepulangan PMI Baiq Mariati di Bandara Internasional Lombok (BIL), pada Sabtu (15/82020), setelah menerima informasi dari UPT BP2MI Surabaya terkait adanya PMI asal NTB yang terlantar di Bandara Internasional Juanda setelah dipulangkan oleh penggunanya dari Johor Bahru, Malaysia. 

Ketika dimintai keterangan terkait alamat asal dan kronologis keberangkatannya, Baiq Mariati merasa kesulitan untuk menjelaskan dan menolak untuk dipulangkan ke alamat asal karena sudah terlalu lama meninggalkan keluarga. Selanjutnya UPT BP2MI Mataram berkoordinasi dengan RPTC Dinas Sosial Provinsi NTB untuk menitipkan PMI a.n Baiq Mariati sambil menunggu hasil penelusuran keluarga.

Kepala UPT BP2MI Mataram, Abri Danar Prabawa menjelaskan bahwa informasi adanya PMI terlantar asal NTB di Bandara Internasional Juanda telah dikoordinasikan dengan Instansi terkait khususnya masalah pembiayaan pemulangannya serta penanganan ketika yang bersangkutan telah sampai di NTB.

“Kami pantau rencana kepulangan Baiq Mariati ke NTB, yang  kepulangannya difasilitasi oleh UPT BP2MI Surabaya bekerja sama dengan UPT P3TKI Disnaker Jawa Timur. Terkait pendalaman permasalahannya akan kami gali setibanya di Help Desk Bandara Internasional Lombok," ungkap Abri Danar.

UPT BP2MI Mataram telah melakukan penelusuran keluarga Baiq Mariati di Muncan, Lombok Tengah, bekerja sama dengan Babinkamtibmas Desa Muncan, namun berdasarkan keterangan pihak desa, dijelaskan bahwa keluarga baiq Mariati telah lama meninggalkan Desa Muncan dan ada informasi bahwa sebagian keluarga telah berpindah ke Gangga, Lombok Utara.

Abri Danar menambahkan, “Kami akan terus mengupayakan melakukan penelusuran keberadaan keluarga Baiq Mariati meski dengan terbatasnya informasi, kami telah berkomunikasi dengan keluarganya yang berada di Lombok Utara, harapan kami pihak keluarga segera mengetahui bahwa keluarganya telah kembali ke NTB."

Pada Selasa, (25/08) Pihak keluarga yang berada di Lombok Utara menjemput Baiq Mariati di RPTC Dinas Sosial Provinsi Mataram. Disaksikan perwakilan Dinas Sosial Provinsi NTB, PMI a.n Baiq Mariati diserahkan oleh UPT BP2MI Mataram kepada pihak keluarga. *** (Humas/UPT BP2MI Mataram)