Friday, 23 April 2021

Berita

Berita Utama

Bersama Polsek Palengaan dan Polsek Karang Penang, UPT BP2MI Surabaya, Selamatkan 3 CPMI di Sampang, Madura

-

00.04 4 April 2021 84

Bersama Polsek Palengaan dan Polsek Karang Penang, UPT BP2MI Surabaya, Selamatkan 3 CPMI di Sampang, Madura

Surabaya, BP2MI (4/4) - UPT BP2MI Surabaya bersama Polsek Palengaan, Polsek Karang Penang, dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sampang berhasil menyelamatkan 3 orang Calon Pekerja Migran Indonesia di Desa Tlambah, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Rabu (31/3). Ketiga CPMI ini seluruhnya berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sedianya akan diberangkatkan secara ilegal ke negara-negara di kawasan Timur Tengah oleh sponsor berinisial MI (39 th) asal Sampang, Jawa Timur. MI telah menampung para CPMI tersebut di rumahnya selama dua bulan.

Selanjutnya, MI diamankan di kantor Polsek Palengaan bersama 2 orang lainnya untuk dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

Kepala UPT BP2MI Surabaya, Happy Mei Ardeni menjelaskan bahwa upaya penyelamatan terhadap 3 CPMI asal NTB ini merupakan bentuk pengembangan dari hasil sidak Kepala BP2MI di dua tempat, yaitu di Duren Sawit dan Apartemen Basura pada Jum’at (26/3) yang lalu. Sebelumnya BP2MI berhasil mengamankan 33 CPMI nonprosedural di beberapa tempat, antara lain di Kalibata, Duren Sawit, Apartemen Bassura City, Bekasi dan Bogor.

“Hingga saat ini, Pemerintah masih menutup pengiriman PMI untuk bekerja di sektor informal ke negara-negara di kawasan Timur Tengah sehingga kami berharap jika ada pihak-pihak yang akan menawarkan bekerja ke negara-negara di kawasan tersebut, masyarakat harus berhati-hati dan harus mencurigainya," jelas Happy. 

Ditambahkan oleh Happy, bahwa UPT BP2MI Surabaya akan terus berupaya untuk memberantas para sindikat pengiriman PMI nonprosedural agar PMI yang bekerja di luar negeri lebih terlindungi. 

Setelah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian, ketiga CPMI tersebut ditempatkan di shelter UPT BP2MI Surabaya dan selanjutnya akan dipulangkan ke kampung halamannya di Nusa Tenggara Barat. ** (Humas/UPT BP2MI Surabaya)