Thursday, 7 July 2022

Berita

Berita Utama

BP2MI Sosialisasikan Peluang Kerja Luar Negeri pada Mayday Jobfair 2022 di Sidoarjo

-

00.05 26 May 2022 214

BP2MI Sosialisasikan Peluang Kerja Luar Negeri pada Mayday Jobfair 2022 di Sidoarjo

BP2MI - Sidoarjo (26/5) - Unit Pelaksana Tenknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Jawa Timur bersama Pos Pelayananan BP2MI Sidoarjo, ikut berpartisipasi dalam kegiatan Mayday Jobfair Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo selama dua hari, Selasa (24/5/2022) dan Rabu (25)5)2022).

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 40 perusahaan ternama dan instansi pemerintahan lainnya, seperti PT Siantar Top, PT Arta Boga Cemerlang (OT Group), PT Lion Super Indo, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP), termasuk BP2MI yang diwakili oleh Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo. 

Adapun lowongan kerja yang BP2MI tawarkan adalah Program G to G atau kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Negara Tujuan, yaitu Program G to G Jepang untuk Job Nurse/Kangoshi dan Careworker/Kaigofukushishi yang pendaftarannya masih dibuka sampai 30 Juni 2022. Ada pula Program G to G Jerman dengan job perawat yang pendaftarannya dibuka sampai 9 Juni 2022, juga Proram G to G Korea Selatan yang dibuka bulan April lalu.

Kepala UPT BP2MI Jawa Timur, Happy Mei 
Ardeni yang hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini menyampaikan lowongan pekerjaan di luar negeri saat ini sudah banyak dibuka di berbagai sektor utamanya sektor profesional.

“Kami dari BP2MI ingin menyebarkan informasi lowongan kerja luar negeri kepada masyarakat, seperti lowongan untuk ratusan perawat di Jepang dan Jerman dan masih banyak lowongan lainnya melalui skema penempatan yang ada. Kami juga sejak tanggal 23 sampai 28 Mei nanti, melaksanakan preliminary education bagi 119 CPMI yang akan berangkat ke Korea Selatan sektor manufaktur dan perikanan," ungkap Happy.

Koordinator Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo, Erni Yuanawati, dalam Pembukaan Mayday Jobfair menambahkan bahwa ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab Pemerintah untuk memberikan pekerjaan yang layak kepada masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar Kabupaten Sidoarjo. 

“Dengan adanya jobfair ini artinya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memberikan perhatian kepada angkatan kerja yang belum memiliki pekerjaan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Lowongan pekerjaan sendiri tidak terbatas hanya di dalam negeri saja, melainkan juga lowongan kerja ke luar negeri. Untuk itulah kami hadir berpatisipasi dalam jobfair ini sehingga masyarakat mempunyai pilihan lain selain bekerja di dalam negeri," ujar Erni. * (Humas/UPT BP2MI Wilayah Jawa Timur)