Thursday, 7 July 2022

Berita

Berita Utama

BP2MI Wujudkan Perlindungan Paripurna Bagi PMI Melalui Koper PMI

-

00.04 1 April 2022 553

BP2MI Wujudkan Perlindungan Paripurna Bagi PMI Melalui Koper PMI.

Jakarta, BP2MI (01/04/22) – BP2MI menginisiasi Program Koper PMI atau Kolaborasi Perlindungan terhadap para pekerja migran Indonesia (PMI), guna mewujudkan perlindungan paripurna terhadap para PMI. Kegiatan ini mendorong keterlibatan aktif setiap kekuatan organisasi kemasyarakatan pemuda, melalui sistem yang terukur atas kesepahaman dan urgensi pelindungan PMI, dikonkritkan lewat kerjasama MoU antara BP2MI dengan Pemerintah Daerah sumber PMI, serta Organisasi Kemasyarakatan Pemuda.

“Program Koper PMI atau Kolaborasi Perlindungan PMI ini adalah untuk mengembangkan sistem perlindungan yang tepat bagi PMI di daerah yang kasus ilegalnya tinggi. Serta dimaksudkan untuk menciptakan perlindungan paripurna yang meliputi perlindungan terhadap aspek ekonomi, sosial, dan hukum," ujar Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika, Agustinus Gatot Hermawan.

Disampaikan Deputi Gatot, bahwa program perubahan akan didasarkan pada kondisi terkini, dimana masih terdapat kendala dalam perlindungan PMI, diharapkan dengan berjalannya program Koper PMI ini dapat tercapai perlindungan PMI yang paripurna.

“Koper PMI ini secara konkrit akan memperkuat peran pemerintah daerah, kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga lain, kolaborasi dengan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, menyiapkan SDM sebagai agen penggerak. Dengan diimplementasikan program Koper PMI ini, akan terbangun kesadaran dalam rangka pelindungan Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya sebagai upaya yang terus berkesinambungan dan berkelanjutan,” tutup Gatot.*** (Humas/DH/SD)