Saturday, 4 February 2023

Berita

Berita Utama

BP3MI Banten dan Disnakertrans Kabupaten Pandeglang Layani Kepulangan Jenazah PMI dari Turki

-

00.10 25 October 2022 345

BP3MI Banten dan Disnakertrans Kabupaten Pandeglang Layani Kepulangan Jenazah PMI dari Turki

Pandeglang, BP2MI (25/10) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Banten bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pandeglang memfasilitasi pemulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Turki, Jumat (21/10).

Diketahui, PMI tersebut bernama Jasmanah yang berdomisili di Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang. Jasmanah diberangkatkan secara nonprosedural pada 4 Oktober 2022 ke Istanbul, Turki. 

Setelah keluar dari Pesawat Turkish Airlines, PMI Jasmanah mengalami pingsan, dan dibawa ke Rumah Sakit Arnavutkoy di dekat Bandara Istanbul. Tenaga medis sempat melakukan tindakan resusitasi jantung untuk mengembalikan kemampuan napas dan sirkulasi darah yang terhenti. 

Dengan kondisi yang belum ada perkembangan, Jasmanah dibawa ke Rumah Sakit Haseki untuk dilakukan perawatan dan pemantauan medis. Namun pada 5 Oktober 2022, Jasmanah dinyatakan meninggal dunia. 

Dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul, tujuan akhir dari Jasmanah adalah Erbil, Irak untuk bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga.  Pihak keluarga menginginkan agar jenazah bisa dipulangkan ke Indonesia dan dimakamkan di daerah asal. 

Sesampainya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, jenazah dijemput langsung oleh Kepala Disnakertrans Kabupaten Pandeglang, Ratu Tanti beserta jajaran, Kasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri, Disnakertrans Provinsi Banten, perwakilan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, dengan didampingi petugas BP3MI Banten.

“Disnakertrans Kabupaten Pandeglang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KJRI Istanbul dan BP3MI Banten, yang telah membantu proses kepulangan Jenazah Jasmanah. Selama ini kami juga sering berkomunikasi dengan BP3MI Banten terutama terkait PMI asal Pandeglang yang mengalami masalah di luar negeri,” ujar Ratu Tanti ditemui di Cargo Jenazah Bandara Soekarno Hatta.

Selanjutnya, jenazah PMI diantarkan ke rumah duka dengan menggunakan Mobil Jenazah yang disediakan oleh Disnakertrans Kabupaten Pandeglang.

“BP3MI Banten akan selalu siap mendukung kerja-kerja Pemerintah Kabupaten Pandeglang, terutama yang berhubungan dengan pelayanan dan pelindungan terhadap Pekerja Migran Indonesia”, ujar Plt. Kepala BP3MI Banten, Dharma Saputra. **(Humas/BP3MI Banten/BudNurcah)