Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Dampingi Menteri Perhubungan Kunker ke Entikong, Kepala UPT BP2MI Pontianak Akan Selalu Sigap Dalam Menangani Pemulangan PMI

-

00.09 19 September 2021 252

Dampingi Menteri Perhubungan Kunker ke Entikong, Kepala UPT BP2MI Pontianak Akan Selalu Sigap Dalam Menangani Pemulangan PMI

Pontianak, BP2MI (19/9) - Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Pontianak, Amingga M. Primastito, turut mendampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya, dalam kunjungan kerja di Entikong dalam rangka peninjauan proses penanganan kedatangan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di perbatasan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat pada hari Minggu (19/9/2021).

Sebelum ke Entikong, Menteri Perhubungan melakukan kunjungan kerja ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas. Setibanya di Entikong, Budi Karya mengunjungi tempat karantina PPLN dan PMI di Terminal Barang Internasional (TBI) Entikong. Lebih lanjut, Budi Karya mendapatkan penjelasan dari beberapa pejabat, di antaranya adalah Kepala UPT BP2MI Pontianak, Amingga M. Primastito.

Amingga memaparkan, BP2MI turut serta dalam Satgas Penanganan COVID-19 perbatasan di Kalimantan Barat. Selain itu, BP2MI juga memfasilitasi pemulangan PMI Terkendala kembali ke daerah asalnya. “PMI Terkendala yang berasal dari deportasi pemerintah Malaysia dan KJRI Kuching proses pemulangannya difasilitasi kami hingga ke daerah asalnya. Di tahun 2021 ini, sudah lebih dari 2.000 PMI yang kami fasilitasi pemulangannya,” jelas Amingga.

Lebih lanjut, Budi Karya beserta rombongan berkunjung ke PLBN Entikong yang merupakan pintu masuk PPLN dan PMI dari Sarawak, Malaysia. “Kedatangan kami ke Entikong dan Aruk ini untuk memastikan proses kedatangan para Warga Negara Indonesia (WNI) berjalan dengan baik. Ada beberapa poin yang menjadi perhatian, seperti pemindahan PMI dari Entikong ke Pontianak harus dikawal ketat dan peningkatan sarana dan prasarana di perbatasan,” pungkas Budi Karya.

Menindaklanjuti kunjungan ini, UPT BP2MI Pontianak akan selalu sigap dalam menangani pemulangan PMI, khususnya PMI Terkendala dari Sarawak, Malaysia. “Kami akan selalu bersinergi dalam penanganan kepulangan PMI Terkendala dari Malaysia. Selama ini sinergi dengan instansi lain  sudah sangat baik dan akan terus ditingkatkan. Petugas kami di Entikong juga akan selalu siap dalam penanganan kepulangan PMI Terkendala,” tutup Amingga

Turut hadir dalam giat ini Andi Kusuma Irfandi selaku Sub-Koordinator Pelindungan dan Pemberdayaan UPT BP2MI Pontianak, Angga Atmajaya selaku Koordinator Pos BP2MI Entikong, Lasarus selaku Ketua Komisi V DPR RI, Joni S. selaku Kepala BAIS TNI Letjen TNI, Ria Norsan selaku Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Yohanes Ontot selaku Wakil Bupati Sanggau, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Sanggau. * (Humas/UPT BP2MI Pontianak/Irfandi/AA)