Thursday, 6 October 2022

Berita

Berita Utama

Gelar Bimtek Pemberdayaan PMI Purna dan Keluarga di Kabupaten TTS, BP3MI NTT Bangun Koordinasi

-

00.08 10 August 2022 187

Gelar Bimtek Pemberdayaan PMI Purna dan Keluarga di Kabupaten TTS, BP3MI NTT Bangun Koordinasi

Kupang, BP2MI (10/08) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Nusa Tenggara Timur (NTT) membangun koordinasi dalam rangka penyelenggaraan Bimtek Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna dan Keluarga, yang digelar selama 4 (empat) hari, yaitu tanggal 9-12 Agustus 2022, di Desa Bosen, Kecamatan Molo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.

Kepala BP3MI NTT, Siwa, mengatakan untuk mencapai tujuan pelaksanaan Bimtek Pemberdayaan PMI Purna dan Keluarga, baik saat pelaksanaan maupun pendampingan pasca Bimtek, perlu dukungan dari Lembaga terkait lainnya.

"Pelaksanaan Bimtek Pemberdayaan PMI Purna dan Keluarga PMI bertujuan untuk mendorong pemanfaatan uang hasil kerja PMI secara produktif sebagai modal usaha pasca menjadi PMI", tutur Siwa.

Untuk kelancaran kegiatan dan pendampingan pasca Bimtek, lanjut Siwa, maka BP3MI NTT telah berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Timor Tengah Selatan untuk melakukan perekrutan peserta, penetapan lokasi kegiatan serta pembukaan kegiatan.

"Berkenaan dengan kesinambungan program, maka perlu melakukan koordinasi dengan Koordinator Provinsi Pendamping Desa NTT Program Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk dikomunikasikan dengan jajaran dibawahnya secara berjenjang yaitu Koordinator Kabupaten Pendamping Desa TTS sampai Pendamping Lokal Desa serta Tenaga Pelatih Pemberdayaan (TPP)", imbuhnya.

Siwa berharap upaya ini berawal dari pemikiran yang sama di mana untuk keberhasilan Program Pemberdayaan Ekonomi bagi PMI Purna dan Keluarga PMI, diperlukan sinergitas antar Lembaga.

Koordinator Provinsi Pendamping Desa NTT, Kandidatus Angge, sangat mendukung kegiatan BP3MI NTT dan siap memfasilitasi demi kelancaran pelaksanaan dan pendampingan pasca Bimtek. **(Humas/BP3MI NTT/MIF)