Thursday, 7 July 2022

Berita

Berita Utama

Informasikan Peluang Kerja di Jepang dan Jerman, BP2MI Gelar Sosialisasi di Akper Dharma Wacana Metro

-

00.05 26 May 2022 155

BP2MI Gelar Sosialisasi di Akper Dharma Wacana Metro

Metro, UPT BP2MI Lampung (25/5) – Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Lampung melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peluang Kerja di Jepang dan Jerman di Wisma Haji Al Khairiyah Kota Metro, pada Rabu (25/05/2022).

Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI, Agustinus Gatot Hermawan, S.H., M.H. menyampaikan kepada sekitar 500 orang peserta yang terdiri dari Civitas Akademik serta keluarga mahasiswa dalam kegiatan peresmian Penggunaan Pakaian Seragam (Capping Day) bahwa peluang bekerja bukan hanya ada di dalam negeri saja, kesempatan bekerja juga ada di luar negeri, misalnya di Jepang dan Jerman.

"Potensi permintaan tenaga kerja ke luar negeri dengan jabatan nurse/careworker tahun 2020 hingga 2025 sebanyak 143.000 tenaga kerja. Para kandidat yang berminat untuk bekerja ke luar negeri, dapat mempersiapkan diri dan keterampilan, terutama bahasa, sebelum mendaftar online melalui skema Government to Government (G to G) BP2MI," ujar Gatot.

Kegiatan yang dihadiri oleh orangtua mahasiswa ini dianggap penting karena dapat memberikan pemahaman pula kepada keluarga mengenai peluang kerja diluar negeri yang selama ini kerap kali terkendala oleh izin orangtua yang masih beranggapan bahwa bekerja keluar negeri itu sangat beresiko.

Walikota Metro, dr. H. Wahdi Siradjuddin, menyambut baik dan menyatakan apresiasinya atas adanya kegiatan sosialisasi di sela-sela capping day ini. Ia menyampaikan bahwa tenaga kesehatan yang dihasilkan oleh Akper Dharma Wacana akan memberikan sumbangsihnya bagi pembangunan pada bidang kesehatan. Hal ini merupakan bagian dari pemantapan identitas profesi, serta salah satu upaya untuk mendukung perubahan sikap perilaku, serta kedisiplinan mahasiswa melalui pemakaian seragam resmi agar nantinya dapat mengabdi baik didalam dan luar negeri.

Sementara itu, Direktur Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro, Ludiana, menambahkan bawa saat ini mahasiswa masih kekurangan informasi mengenai bagaimana proses dan jaminan keamanan selama bekerja di luar negeri. “Dengan hadirnya BP2MI, sangat membantu kami dalam memberikan pengetahuan dan pembekalan kepada mahasiswa, supaya mahasiswa tidak ragu untuk memilih bekerja di luar negeri. Mahasiswa dapat meyakinkan orang tua mereka, bahwa bekerja di luar negeri itu aman, selama sesuai dengan prosedur penempatan” Ujar Ludiana.

Salah satu peserta kegiatan sosialisasi, Andi, menyatakan antusiasmenya untuk bekerja di luar negeri, "Kegiatan sosialisasi ini sangat berguna, karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai lowongan kerja di luar negeri, terutama mengenai gaji yang lebih besar dibanding bekerja di dalam negeri."

Pada kegiatan ini juga diinformasikan kepada para peserta sosialisasi, mengenai pembukaan pendaftaran online G to G Jepang untuk nurse dan careworker batch XVI penempatan tahun 2023, yang telah dibuka sejak 1 Maret hingga 30 Juni 2022, sekaligus pendaftaran penempatan calon kandidat Pekerja Migran Indonesia (CPMI) bidang keperawatan, Program G to G Jerman batch II yang dibuka pada 12 Mei hingga 9 Juni 2022.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Penempatan Pemerintah Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Kepala Dinas Pendidikan Kota Metro serta Kepala BPBD Kota Metro.* (Humas/UPT BP2MI Wilayah Lampung/PunkIsDad)