Saturday, 6 March 2021

Berita

Berita Utama

Kehilangan Pekerjaan di Malaysia, UPT BP2MI Makassar Fasilitasi 10 PMI Menuju Kampung Halaman

-

00.02 18 February 2021 88

Kehilangan Pekerjaan di Malaysia, UPT BP2MI Makassar Fasilitasi 10 PMI Menuju Kampung Halaman

Makassar, BP2MI (18/2) - UPT BP2MI Makassar melalui Pos BP2MI Parepare telah memfasilitasi pemulangan 10 PMI di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, Rabu (17/02/2021). Kesepuluh PMI tersebut masing-masing berasal dari Kabupaten Bone sebanyak 1 orang, Bulukumba 2 orang, Pinrang 3 orang, Barru 2 orang, serta dari Provinsi Banten sebanyak 2 orang.

Kesepuluh PMI pulang ke Tanah Air karena sudah tidak lagi bekerja sebagai dampak dari pandemi COVID-19. Mereka pulang mandiri melalui jalur ilegal, dan saat menginjakkan kaki di wilayah kecamatan Krayan, Kab. Nunukan, mereka ditemukan oleh petugas imigrasi setempat. Atas koordinasi dengan UPT BP2MI Nunukan, mereka pun diterbangkan menuju Pulau Nunukan, dan ditampung sementara di shelter milik UPT BP2MI Nunukan selama lima hari. Ia lalu berangkat meninggalkan Nunukan pada 15 Februari 2021 dengan menumpangi KM Bukit Siguntang yang memakan waktu dua hari dua malam untuk bisa berlabuh di Parepare.

Delapan PMI yang berasal dari Sulawesi Selatan, difasilitasi menuju kampung halaman masing-masing, sementara dua PMI asal Banten a.n. Dadih dan Muhemah yang merupakan pasangan suami istri, ditampung sementara di shelter Pos BP2MI Parepare sambil menunggu jadwal penerbangan menuju Jakarta.

"Kondisi pandemi yang melanda dunia memang imbasnya sangat terasa bagi PMI yang bekerja ke luar negeri, oleh sebab itu kepada para PMI yang kembali karena kondisi tersebut diharapkan dapat melakukan usaha atau kegiatan lainnya sambil menunggu kondisi kerja keluar negeri kembali membaik," ungkap Kepala BP2MI, Mohd. Agus Bustami. *** (Humas/BP2MI Makassar/Arif)