Saturday, 28 November 2020

Berita

Berita Utama

Kepala BP2MI Bertemu Menteri Wishnutama: PMI Berpotensi Jadi Duta Wisata

-

00.10 19 October 2020 266

Kepala BP2MI Bertemu Menteri Wishnutama: PMI Berpotensi Jadi Duta Wisata

Jakarta, BP2MI (19/10) - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Benny Rhamdani melakukan audiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (19/10/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BP2MI menyampaikan potensi Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk dioptimalkan menjadi duta wisata yang akan mempromosikan wisata Indonesia di negara-negara penempatan.

"Saya memiliki ide, bahwa sekarang sudah terjadi perubahan nomenklatur dari BNP2TKI menjadi BP2MI. Istilah TKI juga berubah menjadi PMI. Mereka ini adalah pejuang Negara," jelasnya.

Menurut Benny, saat ini harus dijelaskan bagaimana persepsi publik bisa berubah secara total terhadap PMI karena mereka ini adalah aset Negara. Tidak hanya PMI, ketika bekerja mereka bisa menjadi Duta Wisata untuk memasarkan destinasi pariwisata Indonesia.

Selain Itu, devisa yang dihasilkan PMI juga sangat besar yaitu 159.6 Triliun. Lanjut Benny, ini juga tidak jauh berbeda dengan potensi devisa dari sektor pariwisata sebesar 280 triliun.

"Jumlah PMI yang banyak mencapai 270.000 menjadi potensi yang sebagai duta pariwisata Indonesia, mengenalkan budaya dan pariwisata Indonesia," ujarnya.

Benny menuturkan, sebagai bangsa yang merdeka, kedudukan warga Indonesia setara dengan bangsa lain. Karena itu, menjadi duta pariwisata dan duta bela negara di mata dunia sangat relevan.

"Jumlah PMI yang bekerja di luar negeri lumayan banyak. Mereka berhadapan langsung dengan pemberi kerja, termasuk rekan kerja yang berbeda kebangsaan," jelasnya.

Untuk itu, lanjut Benny, saat menjalani pekerjaan di negara penempatan, pihaknya meminta PMI dapat menerapkan sikap saling menghargai dan mentaati adat istiadat Negara penempatan.

"PMI kita sangat dikenal dan sigap dalam bekerja. Banyak Negara penempatan menyukai PMI, karena itu saya rasa pas dan tepat jika PMI diselamatkan menjadi duta Wisata," ungkapnya.** (Humas BP2MI)