Sunday, 24 January 2021

Berita

Berita Utama

Kepala BP2MI: PMI adalah Pahlawan dan Pejuang Keluarga

-

00.11 11 November 2020 419

Kepala BP2MI: PMI adalah Pahlawan dan Pejuang Keluarga

Karawang, BP2MI (10/11) Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menyatakan selain pahlawan devisa, Pekerja Migran Indonesia (PMI)  adalah pahlawan dan pejuang bagi keluarga. 

Bertepatan di hari Pahlawan 10 November, Benny menyebut PMI sebagai pahlawan dan juga pahlawan devisa. PMI juga sebagai pejuang untuk keluarganya.

"Sesungguhnya negara melalui BP2MI diberikan mandat undang-undang untuk memberikan pelindungan, sebagai pelayan bagi PMI, maka sesungguhnya "raja" yang harus dilayani adalah para PMI karena mereka adalah pahlawan dan pejuang keluarganya," jelas Benny saat dialog dengan para Pekerja Migran Indonesia  (PMI) purna anggota Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) Karawang, Jawa Barat, Selasa 10/11/2020.

Dalam rangkain Migrant Day di Karawang, Benny menyatakan, PMI adalah pejuang keluarga,  karena tidak semua orang rela dan bisa meninggalkan keluarganya untuk bekerja di luar negeri. Mereka rela meninggalkan kampung halaman bertaruh hidup dengan segala resiko di negeri orang.

"Disinilah Pemerintah harus mempunyai peran penting yaitu memberikan pelindungan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Istilahnya juga sudah berubah, dimana dulu TKI sekarang PMI. Mereka tidak boleh dipandang sebelah mata, tidak boleh juga direndahkan," ujarnya.

Benny mengatakan, jika ada masalah segera melapor ke Pemerintah. Siapapun mereka, Pemerintah tetap melayani PMI dengan baik. Karena itu, Benny berpesan agar hati-hati terhadap godaan calo atau sponsor yang menjanjikan gaji yang besar dan iming-iming manis lainnya.

"Insya Allah mimpi akan terwujud untuk menambah sumber ekonomi kita. 
Saya pesan jika ingin bekerja lewatilah prosedur yang resmi. Kalo tidak resmi banyak PMI mengalami masalah dan eksploitasi. Saya ingin PMI Purna bisa bantu Pemerintah untuk menjelaskan kepada masyarakat untuk bekerja secara prosedural.

Kepada KKBM Karawang, lanjut Benny, semua produk PMI Purna yang sudah dihasilkan harus dikelola menjadi peluang ekonom. Tujuannya untuk membantu para PMI purna sehingga menjadi usaha rumahan dan berkembang. 

Adapun usaha unggulan dari KKBM PMI adalah kue kering seperti ranginang, kripik, dan kue kering lainnya. Hasil produk tersebut sudah banyak dikirim ke berbagai toko dan ritel di wilayah karawang dan sekitarnya. KKBM PMI Purna Karawang mempunyai anggota  sebanyak 200 orang.* (Humas BP2MI)