Saturday, 4 February 2023

Berita

Berita Utama

Kerjasama Pelatihan Bahasa Untuk CPMI Menjadi Perhatian Khusus Pemerintah Provinsi Banten

-

00.10 20 October 2022 423

Kunjungan BP2MI Pusat dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Banten ke BP3MI Banten

Serang, BP2MI (19/10) - Balai Pelayanan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Banten menerima kunjungan Direktur Sistem Dan Strategi Penempatan Dan Pelindungan Kawasan Asia Dan Afrika BP2MI, Lismia Elita dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Banten pada Selasa (18/10/2022).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk membahas MoU dan Rencana Kerja sebagai bentuk komitmen kerjasama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi PMI dan keluarganya di wilayah Provinsi Banten.

Lismia Elita mengatakan dirinya mendukung upaya pemerintah Provinsi Banten untuk melakukan pelatihan kepada Calon Pekerja MIgran Indonesia dengan skema G to G. “Diharapkan dengan adanya fasilitas lab bahasa ini dpt memperkuat kompetensi CPMI di wilayah banten.” Kata Lismia.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala BP3MI Banten, Dharma Saputra mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja sama yang dilakukan oleh Disnaker Provinsi Banten atas dukungannya memberikan pelayanan bagi CPMI/PMI wilayah Banten.

"Terima kasih atas dukungan dan kerja samanya, terutama dalam upaya perancangan MoU dan Rencana Kerja bagi CPMI dan PMI ," ujar Dharma.

Kadisnaker Provinsi Banten, Septo, menjelaskan ketersediaan Lab Bahasa yang dapat digunakan untuk pelatihan bahasa Jepang dan Korea oleh Dinas Tenaga Kerja.

“Kami memiliki Lab Bahasa dan akan berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memberikan fasilitasi pelatihan bahasa, khususnya bahasa Jepang utk program G to G dan SSW Jepang.’’ Ujar pak Kadis.

Pertemuan tersebut juga membahas poin-poin penting terkait sosialisasi kepada masyarakat untuk bekerja secara prosedural, bersinergi bersama Polda Banten dalam melakukan pencegahan terhadap potensi pemberangkatan CPMI secara nonprosedural, dan Sinergi bersama OPD di wilayah Pemerintah Daerah Provinsi Banten khususnya Dinas Sosial dalam memberikan pelayanan pemulangan dengan maksimal kepada PMI di wilayah Provinsi Banten. ***(HUMAS/Wildan/Tim Media BP3MI Banten)