Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Kolaborasi dengan Anggota DPR RI, UPT BP2MI Padang Sosialisasikan Peluang Kerja Luar Negeri dan Pelindungan Menyeluruh Kepada PMI di Kabupaten Agam

-

00.08 30 August 2021 281

Kolaborasi dengan Anggota DPR RI, UPT BP2MI Padang Sosialisasikan Peluang Kerja Luar Negeri dan Pelindungan Menyeluruh Kepada PMI di Kabupaten Agam

Padang, BP2MI (30/8) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Padang laksanakan kegiatan bertajuk “Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Pelindungan Menyeluruh Kepada PMI Sebagai VVIP” yang berlokasi di Aula Kantor Wali Nagari Ladang Laweh, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam pada Jumat siang (27/8/2021). Sosialisasi diberikan kepada 100 orang peserta yang terdiri dari perangkat nagari Kecamatan Banuhampu, ninik mamak, serta para pencari kerja.

Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rizki Pratama, dalam sambutannya berharap hadirnya BP2MI dapat membuka cakrawala baru bagi warga Kecamatan Banuhampu, khususnya anak-anak muda, dan berharap agar sosialisasi dapat dilaksanakan secara rutin kepada masyarakat Kabupaten Agam.

“Harapan kami tentu nanti anak-anak muda dari sini akan ikut berkiprah di negara asing melalui program yang ada di BP2MI. Apalagi di masa pandemi ini banyak yang kehilangan pekerjaan. Ini bisa menjadi salah satu angin segar untuk para pencari kerja,” pungkas Ade.

Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Eropa dan Timur Tengah sekaligus Plt. Kepala Biro Hukum dan Humas, Hadi Wahyuningrum, menyampaikan perlunya peran aktif pemerintah daerah dalam menyiapkan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin bekerja di luar negeri.

“Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, pemerintah daerah bertugas memberikan pelatihan kepada CPMI yang akan bekerja ke luar negeri. Oleh karena itu, kami berharap untuk segera dianggarkan oleh pemerintah Kabupaten Agam,“ ucap Yayuk, sapaan untuk Hadi Wahyuningrum.

Hadir pula sebagai narasumber yaitu Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI, Lismia Elita; Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Agam, Retmiwati, serta Kepala UPT BP2MI Padang, Bayu Aryadi sebagai moderator. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Agam, Wali Nagari Ladang Laweh sebagai tuan rumah, Kapolsek Banuhampu, Perwakilan Camat Banuhampu, serta Komandan Rayon Militer (Danramil) Banuhampu. * (Humas/UPT BP2MI Padang/dm)