Thursday, 6 May 2021

Berita

Berita Utama

Komitmen Lindungi PMI, UPT BP2MI Padang Telusuri Keluarga PMI Sakit di Malaysia

-

00.04 23 April 2021 107

Komitmen Lindungi PMI, UPT BP2MI Padang Telusuri Keluarga PMI Sakit di Malaysia

Padang, BP2MI (23/4) – Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Padang akhirnya menemukan keluarga Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tengah mendapatkan perawatan di salah satu rumah sakit di Hospital Kajang Malaysia karena penyakit TBC, bernama Ratna Deli. 

Penelusuran keluarga Ratna Deli merupakan upaya tindak lanjut UPT BP2MI Padang terhadap surat dari Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur tanggal 14 April 2021 guna penanganan selanjutnya dan rencana pemulangan Ratna Deli ke keluarga.

Kepala UPT BP2MI Padang, Joko Purwanto menyampaikan komitmen UPT BP2MI Padang untuk membantu memfasilitasi penyelesaian masalah PMI di luar negeri termasuk pemulangan PMI.

“Sudah menjadi tugas kami sebagai unit pelaksana di wilayah Sumatera Barat untuk memfasilitasi PMI termasuk Ratna Deli yang saat ini tengah sakit di Malaysia. PMI Ratna Deli tidak terdaftar di SISKOTKLN, sehingga tidak mudah menemukan keluarganya," ungkap Joko dalam keterangan tertulis, Jumat (23/4/2021). 

Guna mempermudah penelusuran, petugas UPT BP2MI Padang juga berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota dan terjun langsung ke alamat yang dilampirkan di surat KBRI yakni Jorong Koto Tengah Kabupaten Lima Puluh Kota. Namun pencarian pertama tidak berhasil menemukan warga atas nama Ratna Deli karena alamat yang diberikan kurang detail.

Diketahui, nama Jorong Koto Tangah terdapat di beberapa kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Setelah berkoordinasi dengan KBRI Kuala Lumpur, diperoleh data orang tua Ratna hingga akhirnya keluarga Ratna Deli berhasil ditemukan. Berdasarkan keterangan orang tuanya, Ratna diketahui berangkat ke Malaysia 20 tahun silam.

“Sudah lebih dari 20 tahun di Malaysia, disana dia berdagang makanan di kedai. Terakhir pulang tahun 2017,” ucap ibunda Ratna Deli, Yasmalini. 

Lebih lanjut Joko kembali mengingatkan agar masyarakat yang akan bekerja ke luar negeri agar berangkat secara prosedural, memiliki dokumen lengkap dan terdaftar di SISKOP2MI agar memudahkan penelusuran jika mengalami masalah yang serupa dengan Ratna Deli. *** (Humas/UPT BP2MI Padang/dm)