Wednesday, 22 September 2021

Berita

Berita Utama

Laksanakan Pelindungan Maksimal UPT BP2MI Yogyakarta Fasilitasi Kepulangan Repatriasi PMI Lili Martini ke Daerah Asal

-

00.08 1 August 2021 260

Laksanakan Pelindungan Maksimal UPT BP2MI Yogyakarta Fasilitasi Kepulangan Repatriasi PMI Lili Martini ke Daerah Asal

Yogyakarta, BP2MI (31/7 - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Yogyakarta memfasilitasi kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) repatriasi dari Malaysia atas nama Lili Martini (59).

PMI tersebut tiba Bandara Adisucipto Yogyakarta pada hari Sabtu (31/7/2021) pukul 7.40 WIB dengan didampingi oleh Nurlita Yustikasari, Sub-Koordinator Pemberdayaan Sosial, Direktorat Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI.

Berdasarkan informasi dari Lili selama perjalanan menuju ke daerah asal, diperoleh informasi bahwasanya Lili Martini sebelumnya telah bekerja di Malaysia kurang lebih selama 5 tahun. Tahun pertama sebagai baby sitter, tahun kedua sebagai waitress, dan pada tahun keempat membuka jasa pijat. Namun, karena kondisi kesehatannya yang semakin menurun yakni mangalami stroke ringan selanjutnya PMI tersebut kembali ke Indonesia.

Setelah menjalani karantina selama 8 hari di Wisma Atlet, Jakarta kemudian PMI tersebut diterbangkan ke Yogyakarta menuju daerah asal.

Selanjutnya Tim Pelindungan BP2MI Yogyakarta mendampingi PMI tersebut sampe ke daerah asal di Jalan Kenanga 20 RT 004 RW 002, Kelurahan Mertoyudan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, dan diserahkan kepada pihak keluarga diwakili oleh Yulia yang merupakan anak kandung PMI.

Pada kesempatan tersebut BP2MI, diwakili oleh Nurlita Yustikasari, menyerahkan santunan kepada Lili Martini yang saksikan oleh pihak keluarga.

Sementara itu, Diah Andarini, Kepala UPT BP2MI Yogyakarta, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Tim Direktorat Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika yang terlah berupaya maksimal memberikan perlindungan bagi PMI dan pendampingan sampe ke daerah asal. * (Humas/UPT BP2MI Yogyakarta/Nila)