Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

LP3TKI Palu Gelar Literasi Keuangan dan Investasi Tabungan Emas Bagi PMI Purna dan Keluarganya

-

00.09 23 September 2019 1251

LP3TKI Palu Gelar Literasi Keuangan dan Investasi Tabungan Emas Bagi PMI Purna dan Keluarganya

Palu, BNP2TKI (23/9) - - Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI) Palu bekerjasama dengan PT Pegadaian (Persero) dalam memberikan edukasi keuangan bagi 50 Pekerja Migran Indonesia (PMI) purna berusaha di Provinsi Sulawesi Tengah. Acara ini berlangsung di Hotel Brizky, Tondo, Palu hari Kamis (19/09/19).

Acara diawali dengan pelaksanaan pre-test untuk mengukur pemahaman awal peserta terhadap materi literasi keuangan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Deputi Bisnis Area Palu Kanwil V Manado yang diwakili oleh Asisten Manajer Penjualan Area Palu Kanwil V Manado, Nur Musim Husin yang sekaligus membuka kegiatan.

Materi pertama mengenai Gambaran Umum Kegiatan Literasi Keuangan dan Investasi Tabungan Emas Bagi PMI Purna dan Keluarga dibawakan oleh narasumber dari Kasubdit Fasilitasi dan Rehabilitasi TKI Purna BNP2TKI, Suwedi. Dilanjutkan dengan materi mengenai Literasi Keuangan “Mengelola Keuangan, Merencanakan Keuangan, menabung, dan Investasi” oleh Edy Dwi Arianto dari LP3TKI Palu.

Materi selanjutnya mengenai Investasi Tabungan Emas, Pengenalan Produk dan Pembukaan Rekening yang dibawakan oleh Nur Mubin Husin dari PT Pegadaian (Persero) Kota Palu. Dalam materi investasi emas tersebut.

“Dengan saldo awal minimal Rp.8000 kita sudah dapat membuka tabungan emas. Menabung emas adalah salah satu investasi yang paling aman, karena nilainya stabil. Di tabungan emas ini, uang yang kita setor akan langsung dikonversi menjadi sekian gram emas. Disinilah letak keuntungannya,bahwa uang yang kita tabung itu akan mengikuti harga emas.” Papar Mubin.

Selain peserta, beberapa panitia hingga trainer terlihat sangat antusias dengan materi investasi emas tersebut, terlihat pada akhir acara mereka datang ke pihak pegadaian untuk membuka rekening tabungan emas.

Setelah materi dari pegadaian tersebut, panitia kemudian mengadministrasikan post-test kepada peserta acara edukasi keuangan.

Trainer LP3TKI Palu, Merli Nancy Riga me-refresh konsentrasi peserta dengan membawakan Ice breaking sebelum melanjutkan dengan Materi Kewirausahaan Dasar. Sebagai materi penutup, Bulog Area Wiilayah Palu, Aan As Arri Wijaya membawakan materi mengenai rumah pangan kita. Acara diakhiri dengan penutupan yaitu kesimpulan dan pembagian souvenir kepada tiga orang peserta terbaik serta pembagian Buku Tabungan Emas oleh Pegadaian kepada seluruh peserta.

Kepala LP3TKI Palu, Ahmad Fauzi melalui Kepala Urusan Tata Usaha LP3TKI Palu, Edy Dwi Arianto menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap keberlanjutan kegiatan ini.

“Kami ucapkan terimasih kepada Direktur Pemberdayaan BNP2TKI dan PT Pegadaian (Persero) yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk melaksanakan kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilanjutkan karena sangat bermanfaat bagi peserta dalam hal ini PMI Purna dan keluarga dimana mereka mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan dan kewirausahaan serta informasi terkait tabungan emas yang bisa dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah” ujarnya.*** (LP3TKI Palu/Merli) Editor : Ulv