Wednesday, 19 January 2022

Berita

Berita Utama

Menuju ASN Profesional dan Berakhlak UPT BP2MI Yogyakarta Laksanakan Capacity Building Bagi Seluruh Pegawai

-

00.11 29 November 2021 296

Menuju ASN Profesional dan Berakhlak UPT BP2MI Yogyakarta Laksanakan Capacity Building Bagi Seluruh Pegawai

Yogyakarta, BP2MI (29/11). Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Wilayah Yogyakarta melaksanakan kegiatan capacity building bagi seluruh pegawai di lingkungan UPT BP2MI Yogyakarta, Sabtu (26/11/2021), di Desa Wisata Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) Nglanggeran, Kedung Kandang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Capacity building ini dikemas dalam bentuk simulasi permainan di outdoor. Tujuannya, untuk pengembangan diri dan juga membangun Kerjasama Tim. Para peserta terlihat sangat antusias, karena permainan memadukan unsur olahraga, sehingga peserta terlibat langsung secara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hujan deras dan kabut tebal di area gunung Merapi Purbo tidak menyurutkan semangat peserta untuk menyelesaikan semua kegiatan sampai akhir acara.

PLT Kasubag Tata Usaha UPT BP2MI Yogyakarta, Melaine Yutiane menyampaikan capacity building ini dikemas dalam bentuk outbond yang mengandung unsur permainan dimana peserta dihadapkan dengan tantangan dan strategi mencari solusi.

“Harapannya, kegiatan ini dapat membangun kembali motivasi, cara berpikir kreatif, menanamkan nilai-nilai disiplin, kejujuran, kepercayaan diri, keberanian, rasa kebersamaan, integritas, komitmen dan tanggungjawab yang dapat diaplikasikan di lingkungan kerja,” ungkap Melanie.

Sementara itu, Diah Andarini, Kepala UPT BP2MI Yogyakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut untuk me-recharge semangat pegawai harapannya tercipta suasana keakraban.

“Tujuan besar dari kegiatan capacity building untuk mewujudkan ASN Profesional dan Berakhlak yang merupakan akronim dari ‘Berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.’ Khususnya dalam memberikan pelayanan kepada PMI dan keluarganya dari ujung rambut sampai ujung kaki,” jelas Diah. * (Humas/UPT BP2MI Yogyakarta/Nila)