Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Meriahkan HUT ke 76 RI, Kepala SDMO : 8 Tim Cerdas Cermat Maju ke Babak Semi Final

-

00.08 10 August 2021 574

Meriahkan HUT ke 76 RI, Kepala SDMO : 8 Tim Cerdas Cermat Maju ke Babak Semi Final.

Jakarta, BP2MI (10/8) – Memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyelenggarakan beberapa lomba virtual untuk internal BP2MI. 

Salah satunya adalah Lomba Cerdas Cermat yang dilaksanakan secara serentak pada Selasa (10/8), dan diikuti oleh seluruh unit kerja di lingkungan BP2MI baik di pusat maupun UPT BP2MI di daerah melalui aplikasi Zoom.

Kepala Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO), Sri Andayani mengatakan, Lomba Cerdas Cermat ini bertujuan untuk menguji wawasan dan kekompakan para pegawai di lingkungan BP2MI, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-76 pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang.

“Hari ini dilaksanakan babak penyisihan yang diikuti oleh 40 tim yang mewakili unit kerjanya, yang terdiri dari 17 Unit Kerja Pusat dan 23 UPT BP2MI. Babak penyisihan pada Lomba Cerdas Cermat ini terdiri dari 8 sesi, di mana tiap sesi diikuti oleh 5 tim,” ujar Yani, panggilan akrab Sri Andayani.

Dalam lomba ini, lanjut Yani, para peserta diberikan pertanyaan mengenai materi wawasan kebangsaan khususnya terkait Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, dan sistem pemerintahan negara Indonesia, serta materi terkait BP2MI. Pertanyaan tersebut meliputi 5 pertanyaan wajib ke masing-masing tim dan 15 pertanyaan rebutan. Hasilnya, ada 8 tim yang meraih poin tertinggi untuk maju ke babak selanjutnya, yaitu babak semi final.

“Dari babak penyisihan ini, ada 8 tim yang berhasil maju ke babak semi final yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Agustus 2021 pukul 14.00 WIB, yang dapat disaksikan melalui kanal Youtube BP2MI,” jelas Yani.

Adapun pembagian grup yang akan mengikuti babak semi final yaitu: Group 1, terdiri dari UPT BP2MI Manado, UPT BP2MI Kupang, Inspektorat BP2MI, dan Direktorat Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI, yang akan dilaksanakan pada Kamis (12/8). Serta Group 2, terdiri dari UPT BP2MI Lampung, UPT BP2MI Jakarta, UPT BP2MI Banjarbaru, dan Direktorat Penempatan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI, yang akan dilaksanakan pada Jumat (13/8).

“Babak semi final ini akan mencari 1 tim yang menghasilkan poin tertinggi pada masing-masing group, di mana kedua tim tersebut nantinya akan diadu kembali wawasannya pada babak final Lomba Cerdas Cermat,” tutup Yani.*** (Humas/SD)