Thursday, 22 October 2020

Berita

Berita Utama

P4TKI Banyuwangi Turut Meriahkan Banyuwangi Career Expo 2019

-

00.09 6 September 2019 1857

P4TKI Banyuwangi Turut Meriahkan Banyuwangi Career Expo 2019

Banyuwangi, BNP2TKI (05/09) – Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Banyuwangi sebagai kepanjangan tangan dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) turut berpartisipasi dalam gelaran Banyuwangi Career Expo 2019 yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Tenaga Kerja di GOR Tawangalun yang berlangsung tiga hari pada tanggal 5-7 September 2019. 

Agenda tahunan ini rutin digelar sejak tahun 2013, namun pada gelaran tahun ini agak berbeda karena tahun ini Disnaker melakukan berbagai inovasi.

“Tahun ini Disnaker melakukan inovasi sehingga berbeda dengan Job Fair yang rutin digelar oleh tiap Kabupaten di Indonesia. Job Fair tahun ini bertajuk Career Expo yang didalamnya berisi empat macam kegiatan, yaitu Job Market, Career Corner, Career Motivation, dan Training Center,” terang Saiful Alam Sudrajat, Kepala Disnaker Kabupaten Banyuwangi.

Pada even Career Expo tahun ini menyediakan kurang lebih 5000 formasi lowongan pekerjaan dari 50 perusahaan yang berasal dari dalam negeri dan juga luar negeri.

Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang melahirkan para perkerja, namun juga bibit-bibit pengusaha yang merintis dari bawah seperti yang dialami dirinya yang memulai kariernya dari sebagai pekerja hingga sekarang menjadi Wakil Bupati.

Career Expo tahun sangat diminati oleh para pencari kerja, semoga mereka bisa diterima perusahaan di Banyuwangi, atau di Indonesia dan bahkan di Luar Negeri seperti Malaysia yang  datang langsung ke acara ini,” ujar Yusuf Widyatmoko.

Setelah membuka acara tersebut, Wakil Bupati dengan didampingi oleh Kepala Disnaker Banyuwangi, Dandim Banyuwangi, dan Kapolres Banyuwangi meninjau langsung beberapa Stand, termasuk salah satunya menyempatkan diri menyambangi Stand P4TKI Banyuwangi. 

Koordinator P4TKI Banyuwangi, Muhammad Iqbal, menjelaskan bahwa pada even career expo ini P4TKI Banyuwangi menampilkan 4 (empat) hal bagi pengunjung yaitu pertama pengenalan profil organisasi P4TKI Banyuwangi sebagai bagian ujung tombak BNP2TKI yang berada di Kabupaten Banyuwangi beserta jenis-jenis pelayanan yang diberikan, kedua pengenalan mekanisme penempatan di luar negeri melalui program pemerintah G to G Korea dan Jepang, SP2T Taiwan dan juga yang terbaru yaitu Specified Skill Workers (SSW), Ketiga adalah menyebarluaskan sarana informasi kerja luar negeri melalui www.jobsinfo.bnp2tki.go.id, dan yang keempat sosialisasi tentang prosedur migrasi aman dalam bekerja di luar negeri.

 

Dalam Stand P4TKI Banyuwangi juga disediakan perangkat computer sehingga pengunjung dapat langsung mencoba mengakses Jobsinfo untuk informasi peluang kerja di Luar Negeri, Program penempatan Government to Government (G to G) yaitu sebuah program kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara tujuan yang dalam hal ini adalah pemerintah Jepang dan Korea. Ungkap Iqbal

Lebih lanjut Iqbal juga mengatakan untuk penempatan PMI melalui skema Special Placement Program to Taiwan (SP2T) merupakan satu terobosan pemerintah Indonesia karena ini zero cost  karena CPMI hanya membayar medical check up saja dan yang lainnya dibiayai oleh user.

BNP2TKI melalui P4TKI Banyuwangi tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi pelindungan dan migrasi secara aman dan juga membagikan brosur kepada setiap pengunjung.***( Humas/P4TKI Banyuwangi/Iqbal)