Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Peningkatan Kompetensi SDM Melalui Program Upskill Bahasa Inggris Untuk Siswa Perhotelan

-

00.12 13 December 2019 1114

-

Pekanbaru,BNP2TKI,(13/12) - Dalam menjawab tantangan global dunia kerja terhadap kompetensi yang dimiliki oleh pelajar yang semakin hari semakin bersaing antar negara, maka Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Pekanbaru bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal PAUD dan DIKMAS dan Direktorat Pembinaan Kursus dan pelatihan sebagai salah satu lembaga Pemerintahan yang terkait dengan Pendidikan dan Pelatihan yang memiliki peran dalam meningkatkan kompetensi para pelajar.

Dengan latar belakang tersebut maka dilakukan kegiatan program pendidikan kecakapan kerja dan sosialisasi magang/kerja ke luar negeri dengan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui upgrading skill (upskill) bahasa inggris bagi siswa perhotelan. Sebanyak 50 orang yang terdiri dari sekolah-sekolah perhotelan di Kota Pekanbaru mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi yang dilaksanakan di Hotel furaya, Senin, (9/12/2019).

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pribadi meliputi kesadaran dan identitas diri, mengembangkan bakat dan potensi, membangun SDM dan memfasilitasi kinerja, meningkatkan kualitas hidup serta memberikan kontribusi dalam mewujudkan impian dan cita-cita. Ketika pengembangan diri melibatkan institusi, berarti merujuk kepada metode, program, sarana, tekhnik, dan sistem assessment yang mendukung pembangunan manusia pada tingkat individu dalam sebuah organisasi," kata Kepala BP3TKI Pekanbaru Mangampin Simamora, SH, MH saat memberikan sambutannya.

Mangampin menyampaikan bahwa pendidikan dan pelatihan memiliki peran strategis untuk meningkatkan kualitas SDM, peranan manusia dalam suatu perusahaan sangatlah penting. Seiring tuntutan perubahan zaman, kemajuan teknologi dan persaingan yang ketat, maka kompetensi SDM harus terus ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan yang berbasis kompetensi. Hal ini memberikan dampak yang positif ketika SDM yang kompeten mampu membawa keberhasilan.

Lebih Mangampin juga mengatakan pengembangan keahlian SDM jika dilakukan terus, akan berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan. Dengan demikian semakin tinggi frekuensi serta kualitas pendidikan dan pelatihan akan meningkatkan keahlian SDM tersebut.

“Pihak sekolah perhotelan sangat menyambut baik dengan diadakannya pelatihan kompetensi/ Upgrading Skill bagi siswa-siswa perhotelan sehingga nantinya setelah pelatihan ini akan mempunyai dampak yang positif bagi siswa tersebut, mereka berharap agar pelatihan peningkatan kompetensi ini terus berlanjut dan diagendakan dengan waktu/durasi yang agak panjang sehingga tujuan daripada kegiatan ini dapat tercapai”, ungkap Mangampin.*** (Humas/BP3TKI Pekanbaru/RN)