Thursday, 22 October 2020

Berita

Berita Utama

Peran Serta Pemuda Ansor Dalam Pelindungan Pekerja Migran Indonesia

-

00.02 13 February 2020 563

Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan didampingi Ketua GP Ansor kota Depok

Depok, BP2MI, (11/02)  Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bekerjasama dengan DPC GP Anshor Kota Depok melakukan kegiatan sosialisasi Gerakan Migrasi Aman dan peluang kerja keluar negeri, yang dilaksanakan pada 11 Februari 2020 bertempat di Aula TPA Al Mujtahidin Cimanggis Depok. 

Sosialisasi Gerakan Migrasi Aman dan Peluang kerja ke Luar Negeri diikuti oleh Tokoh masyarakat dan Ibu-ibu Majlis Taklim, PMI Purna, pengurus Ansor dan Banser Kota Depok. Acara tersebut juga di hadiri oleh Ketua DPC GP Ansor Kota Depok Abdul Kadir, dan Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan Dr. Servulus Bobo Riti.

Dalam sambutannya Abdul Kodir mengatakan akan terus bersinergi dengan BP2MI dalam hal Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, mengingat cimanggis-depok sebagai daerah sumber PMI namun masih banyaknya para PMI yang bekerja secara Non prosedural dikarenakan kurangnya informasi dan pengetahuan tentang pelindungan PMI.

Sementara itu Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan, Dr. Servulus Bobo Riti mengawali pembukaan kegiatan sosialisasi, mengajak peserta dan Masyarakat beliau selalu mengajak masyarakat agar bisa menyerap segala informasi yang ada terkait Pekerja Migran Indonesia sesuai aturan yang ada (prosedural).

Servulus juga meminta Sinergitas dengan DPC Pemuda Ansor Kota Depok tersebut dengan BP2MI terus dikembangkan dan mendorong agar selalu memberikan pelayanan informasi yang baik untuk PMI dan Keluarga PMI.

Sementara itu Kasubdit Sosialisasi, Pujiono, SH.MH  menyampaikan pentingnya bekerja ke Luar Negeri secara Prosedural agar Pekerja Migran Indonesia mendapatkan perlindungan mulai sebelum bekerja, selama bekerja, setelah bekerja dengan cara 4S yaitu Siap Informasi, Siap Dokumen, Siap Kompetensi, Sehat Jasmani dan Rohani yang berdampak bagi Pelindungan dan kesejahteraan PMI dan Keluarganya.

Pujiono juga menegaskan kepada masyarakat untuk mempersiapkan kompetensi agar nantinya dapat bersaing untuk mengisi peluang kerja khususnya Program G to G Jepang dan Korea dan negara penempatan di kawasan Eropa dan Amerika.

Servulus menyatakan bahwa,” Pemuda Ansor sebagai bagian dari generasi muda Negara bangsa ini dapat menjadi agen Informasi untuk pelayanan PMI yang bermartabat dan Terlindungi

Turut hadir Kepala Seksi Pelaksanaan Sosialisasi Direktorat Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan BP2MI, Jupriyadi, Tokoh Masyarakat Cimanggis – Depok. Kegiatan sosialisasi ini diwarnai dengan pemberian Doorprize berupa payung sebagai melambangkan Pelindungan PMI dan Dompet sebagai alat penyimpan penghasilan yang dapat dikirimkan lewat Bank sebagai Remitansi. ** ( Humas/BP2MI/Pujiono/Adi/ Soskel)