Saturday, 6 March 2021

Berita

Berita Utama

PMI Malaysia Meninggal di Batubara, UPT BP2MI Medan Fasilitasi Pemulangan Jenazah ke Sumatera Selatan

-

00.02 20 February 2021 124

PMI Malaysia Meninggal di Batubara, UPT BP2MI Medan Fasilitasi Pemulangan Jenazah ke Sumatera Selatan


Medan, BP2MI (20/02) – UPT BP2MI Medan kembali memfasilitasi pemulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke daerah asal. PMI atas nama Dewi Elinatina (42) meninggal di Ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Daerah Batubara pada Kamis (18/2/ 202) sekitar pukul 15:45 WIB. PMI Dewi terkena Stroke ketika masih berada di Malaysia.

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan UPT BP2MI Medan, Moh. Fuad Wahyudi menyebutkan Dewi kembali ke Indonesia bersamaan dengan pemulangan enam PMI Bermasalah yang dideportasi dari Malaysia pada tanggal 10 Februari 2021 melalui Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai Sumatera Utara menggunakan Kapal Ferry Charter.

Yudi juga mengatakan sebelum proses pemulangan ke Indonesia, mereka telah melakukan PCR Test Covid-19 dengan hasil negatif. Namun, berdasarkan peraturan dari pemerintah yang mewajibkan setiap orang  yang melakukan perjalanan internasional, harus menjalani isolasi ketika tiba di Tanah Air, sehingga merela yang berasal dari Sumatera Selatan ini pun menjalani isolasi di RSUD Batubara dan juga menjalani perawatan karena terkena stroke. Setelah delapan hari menjalani isolasi dan perawatan di ruang ICU, Dewi Elinatina meninggal dunia.

Proses pemulangan bekerjasama dengan dinas terkait di Kabupaten Batubara, untuk pemulangan jenasah ke daerah asal tepatnya Desa Jayapura, Kabupaten Oku Timur Sumatera Selatan.

Jenazah diberangkatkan menuju Oku Timur, Sumatera Selatan melalui Bandara Internasional Kualanamu pada Sabtu (20/2/202) menggunakan maskapai Lion Air JT 397 pada pukul 07:40 WIB. Jenazah akan tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II - Palembang sekitar pukul 15:05 WIB dengan penerbangan Batik Air ID 6876, setelah transit di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

UPT BP2MI Medan juga telah melakukan koordinasi dengan UPT BP2MI Palembang untuk proses pemulangan jenazah ke daerah asal begitu sampai di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II – Palembang.

Sementara itu Kepala UPT BP2MI Medan, Syahrum, mengharapkan kepada para calon PMI bila berniat bekerja ke luar negeri  agar dilaksanakan secara procedural yang terlindungi dan bermartabat. *** (Humas/UPT BP2MI Medan/DSP).