Tuesday, 26 January 2021

Berita

Berita Utama

Rapat Evaluasi LTSA Bima, UPT BP2MI Mataram Bahas Pentingnya Fungsi LTSA

-

00.10 23 October 2020 288

Rapat Evaluasi LTSA Bima, UPT BP2MI Mataram Bahas Pentingnya Fungsi LTSA

Mataram, BP2MI (23/10/2020) - UPT BP2MI Mataram hadir memenuhi undangan pelaksanaan Evaluasi Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bima, Rabu (21/10/2020). Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bima, H. Nasrullah, mengatakan bahwa hingga saat ini pelayanan yang diberikan oleh LTSA masih belum optimal sehingga butuh komitmen bersama dalam memaksimalkan fungsi LTSA.  

Kepala UPT BP2MI Mataram, Abri Danar Prabawa dalam paparannya menjelaskan salah satu yang menjadi dasar hadirnya LTSA di Kabupaten Bima adalah menekan angka keberangkatan secara non prosedural. Di masa adaptasi kebiasaan baru penempatan PMI, LTSA harus mengambil peran mengingat beberapa negara tujuan penempatan dapat kembali menerima PMI dengan jabatan tertentu. Dalam kesempatan ini, Abri Danar juga menjelaskan mengenai aturan pembebasan biaya penempatan bagi PMI (Zero Cost). Zero Cost yang telah diatur dalam Peraturan Kepala BP2MI Nomor 9 Tahun 2020 diharapkan dapat memberikan “angin segar” bagi masyarakat Kabupaten Bima yang ingin bekerja ke luar negeri terutama di masa pendemi Covid-19. 

Abri Danar berharap informasi penerapan aturan pembebasan biaya penempatan ini dapat di sebarluaskan oleh seluruh stakeholder, khususnya Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bima sebagai leading sektor dalam pelayanan di LTSA, sambung Abri Danar.

Dalam evaluasi LTSA , UPT BP2MI Mataram mendorong pemerintah daerah Kabupaten serta Kota Bima untuk dapat membentuk Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) agar CPMI tidak perlu keluar daerah mengikuti pelatihan, mengingat CPMI dari Kabupaten maupun Kota Bima didominasi oleh CPMI sektor informal yang bekerja ke negara Hongkong dan Taiwan. Selain BLKLN, Pemerintah Daerah juga diharapkan dapat mendorong RSUD agar dapat menjadi sarana kesehatan pemeriksaan CPMI/PMI. 

Keberadaan LTSA juga dapat diperkuat dengan dibentuknya unit layanan pemantauan CPMI/PMI di Bandara Sultan Salahudin dan Pelabuhan Sape, Bima sebagai upaya Pemerintah Daerah dalam melakukan pengawasan dan pelindungan warganya yang berangkat bekerja ke luar negeri.

Pelaksanaan Evaluasi LTSA Kab. Bima dihadiri oleh Imigrasi kelas III Bima, Disdukcapil Kab. Bima, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kab. Bima serta Disnaker Kota Bima. ***(Humas/UPT BP2MI Mataram_AN)