Thursday, 6 May 2021

Berita

Berita Utama

Resmikan Help Desk PMI di Bandara Haluoleo, Kepala BP2MI: Layani PMI, Bukti Hadirnya Negara

-

00.04 15 April 2021 340

Resmikan Help Desk PMI di Bandara Haluoleo, Kepala BP2MI: Layani PMI, Bukti Hadirnya Negara

Kendari, BP2MI (15/4) - Kepala BP2MI Benny Rhamdani meresmikan Help Desk Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Bandara Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (15/4/2021).

Dalam peresmian tersebut,  Kepala BP2MI didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Endang Abbas.

"Help Desk ini merupakan bentuk pelayanan istimewa bagi para PMI, khususnya yang berasal dari Sultra. Sekaligus bentuk hadirnya Negara bagi seluruh PMI. Untuk pemulangan PMI biasanya kita sudah menerima informasi terlebih dahulu dari perwakilan di luar negeri, setelah itu langsung kita tindaklanjuti untuk pemulangan ke daerah asal masing-masing," ungkap Benny. 

Diketahui bahwa Help Desk PMI ini merupakan wujud pelayanan yang diberikan oleh Negara bagi PMI sebagai pahlawan devisa, warga negara VVIP. Setelah pertama kali diresmikan di Bandara Soekarno-Hatta pada Hari Pekerja Migran Internasional 18 Desember 2020 lalu, BP2MI telah mengadakan fasilitas Help Desk di seluruh bandara yang tersebar di tiap UPT BP2MI daerah di Indonesia, juga memberikan kado istimewa bagi PMI, termasuk launch dan fast track khusus bagi PMI. 

"Sebagai pahlawan devisa, para PMI menyumbangkan devisa terbanyak kedua setelah sektor migas, yaitu sebesar 159,6 Trilyun. Meski begitu, fakta di lapangan, mereka masih sering dibiarkan terlantar saat di bandara, tidak mendapatkan informasi, bahkan menjadi korban pemerasan. Karena itu, Negara hadir agar jangan sampai para anak bangsa ini tidak mendapat perlakuan istimewa dari Negara," tutup Benny. 

Kedatangan Kepala BP2MI ke Sulawesi Tenggara merupakan rangkaian kegiatan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 18/2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia  di berbagai daerah di Indonesia. Sebelumnya telah dilaksanakan di 6 provinsi kantong PMI, yaitu Jawa Timur, Lampung, NTB, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. ** (Humas/MIT)