Monday, 28 November 2022

Berita

Berita Utama

Selenggarakan Coaching, Mentoring, dan Capacity Building, BP2MI Kembangkan Kompetensi Pimpinan

-

00.09 28 September 2022 317

Selenggarakan Coaching, Mentoring, dan Capacity Building, BP2MI Kembangkan Kompetensi Pimpinan

Bogor, BP2MI (28/9) – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BP2MI mengadakan Coaching, Mentoring, dan Capacity Building “Create Super Team” di Lor In Hotel Sentul, Bogor, Rabu (28/9/2022).

Plt. Sekretaris Utama BP2MI, Agustinus Gatot Hermawan,  dalam sambutan menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para pimpinan dalam hal teknis maupun soft competency. Diharapkan para pemimpin di BP2MI dapat meningkatkan etos kerja dan menciptakan budaya kerja yang positif dalam setiap unit kerja, sehingga seluruh tim dapat bersinergi dan berkolaborasi menghasilkan output pelayanan yang optimal, efektif, dan efisien.

“Kegiatan Capacity Building ini menyasar tiga ranah, yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif sehingga terjadi perubahan sikap dan nilai-nilai yang Saudara miliki. Diharapkan setelah selesai dan kembali kepada unit kerja masing-masing, Saudara dapat menerapkan apa yang sudah didapatkan dari pelatihan ini untuk menciptakan organisasi yang solid dan tentunya membangun super team yang memiliki semangat melayani sepenuh hati dari ujung rambut ke ujung kaki kepada para Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya serta menjadi contoh teladan bagi calon penerus generasi pemimpin berikutnya,” ungkap Gatot.

Kepala PPSDM, Firdaus Zazali menyampaikan,   pembentukan dan pengembangan kapasitas merupakan suatu proses yang dilaksanakan pada tiga level/tingkatan yaitu individu, kelompok dan institusi atau organisasi, dan bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang bersangkutan.

“Pelatihan ini juga membekali peserta dengan keterampilan untuk bekerjasama dalam tim, memiliki motivasi bekerja yang tinggi, membangun rasa percaya diri dalam tim, serta mampu memaksimalkan potensi tim dalam lingkup pekerjaan,” jelas Firdaus.

Hadir pula Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN, Basseng, yang turut menyampaikan kata sambutan. Basseng mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin baik antara BP2MI dan LAN. Kegiatan ini, ucapnya, merupakan upaya mengembangkan kemampuan diri para pimpinan yang diharapkan dapat diteruskan kepada setiap pegawai di unit kerjanya.

“Jadi bukan hanya mengembangkan diri sendiri dan menuntut hasil kinerja yang maksimal, tapi setiap pimpinan perlu juga mengembangkan setiap pegawainya. Khusus untuk BP2MI, hal ini guna mewujudkan para Pekerja Migran Indonesia yang sejahtera. Seperti pada mars BP2MI yang turut saya dengarkan tadi. Terdapat lirik yang merupakan cita-cita BP2MI untuk menyejahterakan PMI dan melindungi dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jadi untuk memenuhi cita-cita tersebut, setiap pimpinan dan pegawai BP2MI tentu harus memiliki kompetensi,” tutup Basseng.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga Sabtu (1/10/2022) dan dihadiri seluruh pejabat tinggi madya dan pratama BP2MI, para kepala BP3MI seluruh Indonesia, serta para koordinator/jabatan fungsional ahli madya di lingkungan BP2MI. ** (Humas/MIT/AH)