Sunday, 29 May 2022

Berita

Berita Utama

Selenggarakan Pelatihan Kewirausahaan bagi PMI Purna, UPT BP2MI Wilayah NTB Angkat Program Ayam KUB

-

00.12 1 December 2021 406

Selenggarakan Pelatihan Kewirausahaan bagi PMI Purna, UPT BP2MI Wilayah NTB Angkat Program Ayam KUB

Bima, BP2MI (01/12) - Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menyelenggarakan program pelatihan kewirausahaan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna dan Keluarganya, di Kelurahan Sadia, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Provinsi NTB selama empat hari, mulai Senin (29/11/2021) hingga Kamis (2/12/2021).

Kepala UPT BP2MI Wilayah NTB, Abri Danar Prabawa, mengungkapkan bahwa pelatihan yang diberikan berupa budidaya Ayam Kampung Unggulan Balitbangtan (KUB), yaitu ayam kampung asli yang merupakan hasil inovasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pertanian, Kementerian Pertanian.

“Keunggulan dari Ayam KUB adalah mampu bertelur lebih banyak serta dapat dijadikan sebagai ayam potong. Kebutuhan akan ayam potong sebagai konsumsi sehari-hari terus meningkat, sehingga peluang ini sangat bagus,” ungkap Abri Danar.

Pelatihan kewirausahaan ini dihadiri oleh 20 PMI Purna dari negara penempatan Malaysia. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk dari pelindungan terhadap PMI setelah bekerja sesuai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017. Pelatihan di Kota Bima  ini merupakan angkatan ke-7 sekaligus yang terakhir di tahun 2021.

Sebelumnya, pelatihan kewirausahaan bagi PMI Purna dan keluarganya telah diselenggarakan di enam lokasi, yakni Desa Kebon Ayu, Kab. Lombok Barat; Desa Rempek Darussalam, Kab. Lombok Utara; Desa Pakuan, Kab. Lombok Barat; Desa Karang Sidemen, Kab. Lombok Tengah; Desa Batujai, Kab. Lombok Tengah; dan Desa Sajang Sembalun, Kab. Lombok Timur. 

Untuk kali ini, Kelurahan Sadia, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, NTB, dipilih sebagai salah satu lokasi pelatihan kewirausahaan bagi PMI Purna dan Keluarganya oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima, karena daerah tersebut adalah kantong PMI, bahkan beberapa PMI Purna yang menjadi peserta, memiliki usaha peternakan ayam kampung.

Mitra dalam kegiatan pelatihan ini adalah Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPTP) Provinsi NTB; Asosiasi Pengusaha Unggas (SIPEGAS), yang merupakan kumpulan beberapa PMI Purna. Turut hadir dalam kegiatan pelatihan ini, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Keuangan Walikota Bima, H. Alwi Yasin.

Lalu sebagai narasumber berasal dari pelatihan kewirausahaan ini berasal dari Disnaker Kota Bima; Dinas Koperasi, Industri, UKM dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bima; Dinas Peternakan Kota Bima; Lembaga Keuangan Bank Rakyat Indonesia (BRI); dan PT. Pegadaian (Persero). ** (Humas/UPT BP2MI Wilayah NTB/ FRW/PE).