Wednesday, 19 January 2022

Berita

Berita Utama

Sertijab, Sekretaris Utama Ungkap Kesan Mendalam saat Bertugas di BP2MI

-

00.11 30 November 2021 345

Sertijab, Sekretaris Utama Ungkap Kesan Mendalam saat Bertugas di BP2MI

Jakarta, BP2MI (30/11) – Sekretaris Utama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Tatang Budie Utama Razak, lakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) sekaligus Penyerahan Memorandum Akhir Tugas kepada Kepala BP2MI, Benny Rhamdani.

Agenda Sertijab yang diselenggarakan Selasa (30/11/2021) di Aula KH. Abdurrahman Wahid BP2MI ini, digelar menyusul dilantiknya Tatang sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Kolombia, merangkap Antigua dan Barbuda, Barbados, dan Federasi Saint Kitts dan Nevis.

Dalam sambutannya, Tatang berujar mensyukuri amanahnya yang pernah diemban sebagai Sekretaris Utama BP2MI.

“Saya berada di BP2MI selama 3 tahun 6 bulan 7 hari 30 menit. Selama 3 tahun 6 bulan 7 hari, ini adalah bukan sesuatu kebetulan, tapi ini adalah suatu keputusan dari Allah Subhanahu Wata’ala untuk nasib dalam diri saya, walaupun banyak tawaran ketika itu dari Kementerian/Lembaga lain,” ujar Tatang.

Selain itu, Tatang merangkum perjalanannya sebagai Sekretaris Utama BP2MI dengan “STMJ”, yakni Syukur, Terima Kasih, Maaf, dan Jadikan Momentum. Yang pertama yakni syukur, Tatang bersyukur karena dalam tiga setengah tahun masa jabatannya, banyak pembelajaran yang telah Ia peroleh. Yang kedua yakni terima kasih, Tatang berterima kasih kepada seluruh unsur pimpinan dan staf BP2MI, karena telah memberikan kontribusi yang luar biasa.

Yang ketiga yakni maaf, Tatang memohon maaf sebesar-besarnya atas periode jabatannya sebagai Sekretaris Utama. Ia berujar ingin meninggalkan BP2MI dengan hati yang bersih. Yang keempat yakni jadikan momentum, ia menyampaikan bahwa nanti yang akan menjadi penggantinya, akan memiliki gaya dan cara kepemimpinan yang baru. Maka ia meminta hal ini agar dapat menjadi momentum dan hikmah, karena tak ada satu pimpinan pun yang tidak ingin memberikan yang terbaik.

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani mengucapkan,  selamat atas karir yang diraih oleh Tatang.

“Saya ingin mengucapkan selamat atas semua pencapaian yang diraih oleh Bapak Tatang selama berkarir di BP2MI, tentu juga selamat menunaikan tugas baru di tempat yang baru. Dan saya yakin, kita hanya dipisahkan oleh tempat bertugas dan silaturahim. Tapi saya yakin kalau Kemlu (Kementerian Luar Negeri), pasti selalu akan ada irisan tugas-tugas, dan pasti kita akan bertemu dalam tugas-tugas tertentu,” kata Benny.

Benny  berpesan, agar setiap para pejabat yang pensiun atau meninggalkan jabatannya di BP2MI, untuk dapat meninggalkan legacy.

“Siapapun, setiap saya memberikan arahan dan instruksi, kita harus berani meninggalkan legacy. Legacy tentu yang terbaik. Saya, Pak Tatang, tentu siapapun para senior di lembaga ini, akan meninggalkan gedung ini. Tapi tidak mungkin dan tidak boleh karena kita (meninggalkan jabatan), BP2MI harus bubar”, imbuh Benny.

Turut hadir dalam kegiatan ini, para Pejabat Tinggi Madya, Pejabat Tinggi Pratama, Koordinator, serta Sub Koordinator di lingkungan BP2MI. **(Humas/MSA/MIF/TDW/YH)