Thursday, 24 June 2021

Berita

Berita Utama

Sestama BP2MI Resmikan Kanal Bayar BPJamsostek untuk PMI di Malaysia

-

00.05 27 May 2021 530

Sestama BP2MI Resmikan Kanal Bayar BPJamsostek untuk PMI di Malaysia

Jakarta, BP2MI (27/5) - Sekretaris Utama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Tatang Budie Utama Razak membuka Peresmian Kanal Bayar BPJamsostek untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Malaysia.

Sestama BP2MI menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Mandiri atas peresmian kanal bayar ini. 

"Peresmian kanal bayar ini merupakan salah satu bukti pelayanan maksimal yang dilakukan Pemerintah kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI), khususnya di Malaysia. Selama ini yang menjadi salah satu keluhan PMI di luar negeri adalah sulitnya akses untuk mengklaim dan membayar iuran BPJS. Semoga dengan ini akan semakin mudah," jelas Tatang Menara Jamsostek, Jakarta, Kamis (27/5/2021). 

Tatang menambahkan, PMI di Malaysia kebanyakan bekerja di bidang informal yang beresiko tinggi. Karena itu, ke depannya semoga dapat berubah menjadi PMI yang bekerja di sektor formal. 

"Saat ini kami sedang mengembangkan skema terbaik. Karena diharapkan kita bukan hanya melayani perlindungan kasus yang sudah terjadi, tapi juga bagaimana usaha preventif nya. Hal ini menjadi tantangan BP2MI di tengah perubahan fundamental yang terjadi," ujarnya. 

Salah satu perubahan fundamental tersebut adalah adanya pelindungan ekonomi bagi PMI, yaitu salah satunya dalam bentuk literasi keuangan.

"Dalam hal inilah kita bekerjasama dengan institusi keuangan, sepeti dengan Bank Mandiri dan BPJS Ketenagakerjaan," papar Tatang. 

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo mengatakan, bahwa kunci dalam memberikan pelayanan terbaik bagi PMI adalah dengan berkolaborasi. 

"Kegiatan kali ini juga terlaksana berkat komunikasi dan kolaborasi yang baik antarinstansi. Kami tidak bisa bekerja sendiri, butuh dukungan dari semua stakeholder terkait untuk bagaimana melindungi semua PMI. Kami berharap setelah ini, kita akan sama-sama melayani PMI di Malaysia, kanal bayar ini bisa maksimal dan jadi model bagi negara-negara lain. Karena salah satu tujuan kami adalah membantu PMI saat terjadi musibah dengan klaim asuransi," jelas Anggoro. 

Direktur Utama PT Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan,  layanan kanal bayar di Malaysia ini merupakan pilihan yang baik mengingat PMI di Malaysia adalah salah satu yang terbesar. 

"Saat ini untuk akses keuangan PMI di Malaysia, kami memiliki saranan Mandiri Internasional Remitance, yaitu layanan pengiriman remitansi dan pembukaan tabungan Bank Mandiri. Ini semua adalah bentuk kesiapan kami mendukung Pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi PMI," jelas Darmawan. 

Dalam acara peresmian ini hadir pula secara virtual Dubes RI Malaysia, Hermoni; serta perwakilan dari Konsul Jenderal Johor Bahru, Penang, Kuching, KRI Tawau, dan Atase Ketenagakerjaan Singapura. *** (Humas/MIT/cie/YH)