Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Siap Bekerja, PMI Program G to G Jepang Asal Provinsi Sumatera Barat Terima Pembekalan

-

00.08 14 August 2021 394

Siap Bekerja, PMI Program G to G Jepang Asal Provinsi Sumatera Barat Terima Pembekalan

Padang, BP2MI (14/8) - Selesai acara pelepasan oleh Gubenur, 10 (sepuluh) PMI Program G to G Jepang BP2MI mengikuti pembekalan di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Jumat siang (13/8/2021). Pembekalan diberikan oleh UPT BP2MI Padang dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat serta dihadiri oleh Plt. Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Padang dan BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Barat, perwakilan kampus serta orangtua PMI. 

Kepala UPT BP2MI Padang, Bayu Aryadhi, menyampaikan selamat kepada 10 (sepuluh) PMI yang hadir karena telah berhasil melewati semua proses seleksi dari pendaftaran hingga lulus matching dan berharap mereka dapat menjadi motivator bagi warga Sumatera Barat lain khususnya lulusan keperawatan. 

“Kami berharap adik-adik dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik, tetap ingat nilai dan norma budaya Minang, dan tetap menjadi kebanggaan Indonesia khususnya Ranah Minang," ucap Bayu. 

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat,  Nazrizal, menyampaikan apresiasi kepada para PMI serta orangtuanya, dan kampus asal PMI dan berharap semua pihak terkait dapat bersinergi untuk mendukung program pemerintah ini. 

“Tentu ini menjadi prestasi bagi Sumatera Barat yang meluluskan tenaga kesehatan khususnya perawat yang cukup banyak setiap tahunnya. Melalui program G to G Jepang ini, dapat menjadi wadah bagi lulusan keperawatan yang tidak bisa menemukan pekerjaan di dalam negeri. Apalagi ini program pemerintah dan ditempatkan di negara Jepang yang memiliki teknologi yang serba canggih,” ucap Nazrizal. 

Lebih lanjut, Nazrizal juga berpesan kepada para PMI yang akan segera berangkat ke Jepang agar dapat melaksanakan kewajiban dengan sebaik-baiknya dan menjaga diri dari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri serta merusak citra dan nama baik bangsa dan negara Indonesia. 

Plt. BLK Padang, Syamsi Harri turut menyampaikan rasa bangga atas keberhasilan 12 orang tersebut, mengingat 6 (enam) diantaranya adalah alumni pelatihan Bahasa Jepang BLK Padang. 

“Tentu bangga, artinya apa yang telah kita berikan tidak sia-sia dan membuahkan hasil," kata Harri.  

Salah satu orang tua PMI, Yani, menyatakan sangat bangga dengan adanya kegiatan hari ini. Yani yang awalnya sempat ragu memberikan izin kepada anak perempuannya untuk bekerja ke Jepang akhirnya merasa semakin lega dan tidak khawatir dengan adanya dukungan dari BP2MI serta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui kegiatan Pelepasan oleh Gubernur dan pembekalan oleh UPT BP2MI Padang dan Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat. * (Humas/UPT BP2MI Padang/dm)