Thursday, 5 August 2021

Berita

Berita Utama

Sinergi antara Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman dengan UPT BP2MI Laksanakan Roadshow Sosialisasi Pencegahan TPPO bagi PMI

-

00.06 13 June 2021 304

Sinergi antara Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman dengan UPT BP2MI Laksanakan Roadshow Sosialisasi Pencegahan TPPO bagi PMI

Yogyakarta, BP2MI (13/6) - UPT BP2MI Yogyakarta turut serta dalam kegiatan Sosialisasi Pencegahan TPPO Bagi Pekerja Migran Indonesia yang diselenggarakan Oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman selama 5 (lima) hari sejak tanggal 7 Juni s.d 11 Juni 2021. 

Acara tersebut dilaksanakan di beberapa lokasi berbeda, dengan mendaulat para Pengantar Kerja di Lingkungan UPT BP2MI Yogyakarta sebagai narasumber. Kegiatan tersebut dimulai pada hari Senin (7/6/2021) berlokasi di wilayah Kapanewon Tempel dengan Narasumber Nila Rahmawati, S.Sos, MA, selanjutnya dihari berikutnya Selasa (8/6/2021), Yovita Erika, SE menjadi narasumber di Kapanewon Turi. Sosialisasi hari ke tiga, Rabu (9/6/2021) berlokasi di Kapanewon Sleman dengan narasumber R. Yoga Pratama, SE, sementara itu Dra. Ari Roemayani menjadi narasumber acara sosialisasi pencegahan TPPO bagi PMI di Kapanewon Berbah. 

Roadshow Sosialisasi tersebut diakhiri Jumat (11/6/2021) berlokasi di Rumah Makan Pring Sewu, Jl. Magelang, Kabupaten Sleman dengan audience para Pemuda Karang Taruna dengan narasumber, Sub Koordinator Perlindungan dan Pemberdayaan UPT BP2MI, Sri Purwanti, SE  dan pihak Polres Sleman diwakili oleh Eko Mei Purwanto membawakan materi mengenai Sosialisasi Undang-Undang PKDRT dan Upaya Pencegahan KDRT.

Diah Andarini, Kepala UPT BP2MI Yogyakarta memiliki alasan tersendiri dalam menunjuk para Pengantar Kerja di Lingkungan UPT BP2MI Yogyakarta sebagai narasumber dalam acara Roadshow sosialisasi tersebut, yakni untuk memberikan kesempatan bagi para Pengantar Kerja agar dapat berperan aktif dalam menunjang pelaksanaan kegiatan antar kerja yang menjadi tugas dan tanggungjawab Pengantar Kerja. 

Selain itu Diah juga menyampaikan terimakasih kepada pihak Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman yang telah berkenan mengajak UPT BP2MI Yogyakarta dalam kegiatan sosialisasi tersebut. "Semoga masyarakat menjadi paham bagaimana bekerja ke luar negeri secara procedural dan tidak terjebak dalam sindikat TPPO," ungkap Diah.

Sementara itu Kepala Seksi Perlindungan Perempuan Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman, Arfiyati, S.KM, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih masif kepada masyarakat mengenai Pencegahan KDRT dan Pencegahan TPPO bagi PMI di lingkungan wilayah Kabupaten Sleman karena faktanya masih banyak terjadi tindakan KDRT dan juga TPPO di wilayah Kabupaten tersebut. ** (Humas/UPT BP2MI Yogyakarta/NR)