Thursday, 2 July 2020

Berita

Berita Utama

Sinergi dengan Instansi Terkait, UPT BP2MI Makassar Fasilitasi Pemulangan 85 PMI dari Malaysia

-

00.06 28 June 2020 34

-

Makassar, BP2MI (28/6). UPT BP2MI Makassar bersama P4TKI Parepare memasilitasi Pemulangan 85 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia di Pelabuhan Parepare. Para PMI ini menggunakan Kapal Thalia dari Nunukan, tiba di Pelabuhan Parepare, Jumat (26/6/2020). 

Berdasarkan informasi data dari UPT BP2MI Nunukan, para PMI dan WNI tersebut dipulangkan karena berbagai kasus antara lain ilegal, narkoba, kriminal maupun overstay. 

Petugas UPT BP2MI Makassar dan P4TKI Parepare melakukan pendataan PMI yang sebelum turun dari kapal telah menjalani pemeriksaan kondisi fisik oleh pihak KKP Kelas II Parepare, berupa pengecekan suhu tubuh serta tes HIV/ AIDS. 

Kepala UPT BP2MI Makassar, Mohd Agus Bustami menyatakan,  sekarang sudah waktunya semua pihak bersatu padu dalam membantu warga kita tanpa melihat darimana asalnya. BP2MI senantiasa dengan penuh nurani akan mengemban tugas tersebut, dan kepada para pemangku jabatan di daerah untuk tetap memberi ruang gerak dan bantuan kepada para PMI yang dipulangkan.

Koordinator P4TKI Parepare, M. Arif menyatakan, 85 PMI tersebut berasal dari beberapa provinsi, yaitu dari Sulawesi Selatan sebanyak 69 PMI, Sulawesi Barat (2 PMI) , Sulawesi Tengah (3 PMI) Sulawesi Tenggara (1 PMI) , Banten (1 PMI) , NTT (6 PMI) , dan NTB (3 PMI). 

Setelah dilakukan pendataan, UPT BP2MI Makassar melalui  Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan, Purworini Indah Setyasih menyerahkan PMI kepada Dinas Tenaga Kerja atau stakeholder terkait sesuai dengan Kabupaten/kota masing-masing PMI yang hadir menjemput.

3 PMI asal Sulawesi Tengah selanjutnya difasilitasi oleh BP2MI UPT Makassar untuk beristirahat di P4TKI Parepare yang berlokasi di Jl. Mattirotasi, Kota Parepare sambil menunggu jadwal keberangkatan ke kampung halaman mereka. Pada malam hari pukul 21.00 WITA. 3 PMI asal Sulawesi Tengah dengan menggunakan Bus menuju Kota Palu.

PMI yang tersisa yaitu dari provinsi NTT, NTB, Sulawesi Tenggara, dan Banten kemudian dibawa ke Makassar untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya, sesuai jadwal masing-masing.*(Humas BP2MI/UPT BP2MI Makassar/Nila)