Saturday, 4 February 2023

Berita

Berita Utama

Skema P to P Dominasi Penempatan Pekerja Migran Asal NTT, BP3MI NTT Terus Giatkan OPP

-

00.10 14 October 2022 423

Skema P to P Dominasi Penempatan Pekerja Migran Asal NTT, BP3MI NTT Terus Giatkan OPP

Kupang, BP2MI (14/10) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Nusa Tenggara Timur (NTT) terus menggiatkan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) kepada Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal NTT. 

Bertempat di Aula BP3MI NTT, Kamis (13/10/2022), sebanyak 19 CPMI yang mengikuti OPP seluruhnya merupakan CPMI dengan skema penempatan Private to Private (P to P) .

"19 orang Calon Pekerja Migran Indonesia tersebut akan diberangkatkan oleh manajemen PT Bukit Mayak Asri dengan tujuan Malaysia padq sektor informal, yakni jabatan cleaning service," jelas Kepala BP3MI NTT, Siwa.

Siwa menambahkan bahwa pada tahun 2022, pihaknya telah melayani proses penempatan sebanyak 90 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI), yang terdiri dari 10 PMI skema Government to Government (G to G), 57 PMI skema P to P, serta 22 PMI skema mandiri. Siwa mengungkapkan penempatan PMI skema P to P cukup dominan di wilayah NTT.

"Pemilihan skema penempatan yang didominasi oleh Private to Private tersebut merupakan ciri khas dari Pekerja Migran Indonesia asal Provinsi Nusa Tenggara Timur," ungkap Siwa. 

Menurut Siwa, OPP yang berfungsi sebagai pelindungan sebelum bekerja tersebut, akan terus diselenggarakan karena merupakan tahapan proses yang diatur dalan peraturan perundang-undangan yang berlaku. **(Humas/BP3MI NTT)