Friday, 12 August 2022

Berita

Berita Utama

Sosialisasi di Tanjung Balai, Kepala UPT Medan: Masyarakat Jangan Mudah Terkecoh Oknum!

-

00.06 14 June 2022 277

Sosialisasi di Tanjung Balai

Medan, BP2MI (13/06) - Kepala Unit Pelaksana Teknis UPT BP2MI Wilayah Sumatera Utara menghadiri kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Tanjung Balai pada Senin (13/06). Kegiatan yang bertajuk “Sosialiasi Peningkatan Kompetensi Calon Pekerja Migran Indonesia” dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Plt. Walikota Tanjung Balai, Waris Tholib.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai peserta sosialisasi terkait prosedur bekerja ke luar negeri yang aman dan resmi. Pemkot Tanjung Balai senantiasa mendukung program mewujudkan SDM kompeten dan unggul, tak terkecuali bagi para pahlawan devisa,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, Waris menyatakan optimismenya bahwa para peserta pelatihan tentu tidak akan lagi terseret pada mafia penempatan PMI ilegal atau terindikasi secara non prosedural.

“Diharapkan setelah memperoleh pelatihan keterampilan dan mampu bekerja dengan baik. Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Tanjung Balai jika sudah bekerja nanti dapat membanggakan Indonesia dan menjaga nama baik daerah kita. Jangan lupa kuasai betul-betul bahasa Inggris itu.” Pungkas Waris.

Kepala UPT BP2MI Sumatera Utara Siti Rolijah yang juga menjadi narasumber memberikan materi mengenai prosedur bekerja ke luar negeri dan pentingnya peran serta dari setiap lini aparatur masyarakat dalam memberikan pelindungan secara menyeluruh kepada CPMI/PMI sesuai dengan Amanat UU No.18 tahun 2017.

“Untuk meningkatkan kompetensi CPMI, dibutuhkan sinergitas yang baik dari BP2MI dan pemerintah daerah. Semoga kedepannya terjalin kerjasama yg baik dengan pemerintah daerah Kota Tanjung Balai demi kebaikan CPMI,” tuturnya Di Aula Raja Bahagia Resto, Jalan perintis, Tanjung Balai.

Siti juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terkecoh oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena kerjadian ini sering terjadi diwilayah  perairan Tanjung Balai dan sekitarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Muhammad Irvan Zuhri, Plt. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tanjung Balai, Kabid Binapenta dan PKK sekaligus Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Harizal Pasa, Perwakilan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia PT. Adila Prezkifarindo Duta dan Direktur PT Adila Medan, Purnama Panjaitan. **(HUMAS/UPTMEDAN)