Thursday, 6 May 2021

Berita

Berita Utama

Sosialisasikan Program SSW Jepang, UPT BP2MI Pontianak Roadshow ke Kabupaten Sintang

-

00.03 19 March 2021 288

Sosialisasikan Program SSW Jepang, UPT BP2MI Pontianak Roadshow ke Kabupaten Sintang

Pontianak, BP2MI (19/3) - UPT BP2MI Pontianak melakukan roadshow sosialisasi peluang kerja ke luar negeri ke dua lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Sintang, yaitu STIKES Kapuas Raya Sintang dan SMK Kesehatan Kapuas Raya Sintang, Kamis (18/3/2021).

Dalam roadshow ini dijelaskan tentang peluang-peluang kerja dan program-program terkait penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia seperti SSW Jepang. Sekitar 96 orang dari STIKES Kapuas Raya Sintang hadir mengikuti sosialisasi ini daring dan lurig. Selain itu, Tim UPT BP2MI Pontianak bertemu  Sekretaris BKK SMK Kesehatan Kapuas Raya Sintang.

Sementara dalam sosialisasi di STIKES Kapuas Raya Sintang turut hadir Kepala Seksi Kelembagaan dan PP UPT BP2MI Pontianak, Delina Haloho, Ketua STIKES Kapuas Raya Sintang, Uray B. Asnol, dan Kepala Seksi Pengembangan, Penempatan Tenaga Kerja, dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kab. Sintang, Antonius Syaffriel. 

“Usaha yang kami lakukan ini guna menyebarluaskan peluang kerja Program SSW Jepang di Kabupaten Sintang. Sintang yang letak geografisnya cukup jauh dari Pontianak tidak menyurutkan semangat kami untuk memberikan informasi kepada para lulusan SMK/PT di bidang kesehatan,” ujar  Kepala UPT BP2MI Pontianak, Erwin Rachmat dalam keterangan tertulisnya.

Usaha ini juga merupakan salah satu program peningkatan kualitas penempatan yang akan terus dilakukan oleh UPT BP2MI Pontianak di Kabupaten Kota Provinsi Kalimatan Barat. UPT BP2MI Pontianak akan menjalin sinergitas dengan lembaga pendidikan terkait program SSW Jepang. Update informasi tentang skema ini akan dilakukan secara cepat sehingga lembaga pendidikan dapat menyiapkan kompetensi para siswanya.

Dari roadshow ini, diketahui bahwa ada permasalahan yang belum teratasi, yakni pelatihan Bahasa Jepang. Sejauh ini di Kabupaten Sintang belum ada Lembaga Pelatihan Bahasa Jepang dan UPT BP2MI Pontianak akan menfasilitasi pelatihan ini dengan berkoordinasi Lembaga Pelatihan Bahasa yang ada di Pontianak.
Upaya nyata terkait ini, pihak STIKES Kapuas Raya dan SMK Kesehatan Kapuas Raya akan mendata siswa dan alumni yang berminat mengikuti program SSW Jepang dan pelatihan Bahasa Jepang. Selanjutnya data ini akan diteruskan ke UPT BP2MI Pontianak untuk dibantu fasilitasi pelatihan Bahasa Jepang.

“Dalam usaha meningkatkan kualitas penempatan PMI, jami tidak bisa kerja sendiri. Dukungan dari lembaga pendidikan dan Pemda sangat diperlukan. Mereka sangat mendukung program ini. Ke depan kita akan jalin sinergitas untuk terus melakukan upaya-upaya terkait peningkatan kualitas penempatan khususnya di Kabupaten Sintang,” tutup Erwin. (Has/UPT BP2MI Pontianak/Erwin Rachmat)