Thursday, 24 September 2020

Berita

Berita Utama

Terapkan Protokol Kesehatan, BP2MI Laksanakan SKB Metode CAT CPNS

-

00.09 12 September 2020 362

Sekretaris Utama BP2MI, Tatang Budie Utama Razak dan Plt. Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian BP2MI, Heni Hamidah, memberikan dukungan semangat kep

Jakarta, BP2MI (12/9) - BP2MI melaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) metode Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 di Kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pusat Jakarta, pada Sabtu (12/9/2020). SKB metode CAT CPNS BP2MI ini merupakan lanjutan dari rangkaian seleksi CPNS setelah sebelumnya telah dilaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Februari 2020.

SKB dengan metode CAT kali ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19, meliputi penggunaan masker dan face shield, pengecekan suhu tubuh menggunakan body thermal, pengecekan fisik oleh petugas BP2MI menggunakan baju APD, serta interaksi pendaftaran nomor PIN tes CAT dengan dibatasi kaca pembatas.

SKB CAT di BKN Pusat Jakarta yang berlangsung hari ini diikuti oleh 188 orang, dengan 7 orang tidak hadir. Secara bersamaan pula dilaksanakan SKB metode CAT di UPT BKN Semarang yang diikuti oleh 26 orang peserta. Baik di Jakarta maupun Semarang dilaksanakan di sesi ketiga mulai pukul 14.30 WIB. 

Sebelum memulai tes, para peserta diberikan arahan dan kata-kata semangat oleh Sekretaris Utama BP2MI, Tatang Budie Utama Razak.

"Dalam mengikuti tes ini, saya harap jangan ada yang berbuat curang, karena apapun hasilnya adalah yang terbaik dari Tuhan. Selamat berjuang untuk memberikan yang terbaik," ungkap Tatang di hadapan para peserta.

Sebelumnya, para peserta yang hadir telah mengikuti tahapan dimulai dari registrasi dan absensi awal, penitipan barang bawaan di loker yang disediakan, pemeriksaan fisik, pemberian hand sanitizer, serta pemberian nomor PIN untuk log in CAT masing-masing. 

Plt. Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian BP2MI, Heni Hamidah, mengatakan bahwa ujian SKB metode CAT BKN ini telah dilaksanakan juga di 14 kota lainnya, mulai tanggal 1-8 September 2020.

"Untuk SKB metode CAT BKN formasi tahun 2019 BP2MI diikuti total 299 peserta untuk 133 jabatan. Sejumlah 119 peserta mengikuti tes SKB di daerah, yakni di UPT BKN atau Kantor Regional (Kanreg) BKN," jelas Heni.

Adapun 14 kota tersebut adalah UPT BKN Ternate, Jambi, Pontianak, Batam, masing-masing diikuti 1 orang peserta; Kanreg I BKN Yogyakarta diikuti 25 orang peserta; Kanreg X BKN Denpasar diikuti 1 orang peserta; Kanreg XII BKN Pekanbaru diikuti 1 orang peserta; Kanreg IV BKN Makassar diikuti 1 orang peserta; Kanreg VII BKN Palembang diikuti 4 orang peserta; UPT BKN Serang diikuti 3 orang peserta; UPT BKN  Lampung diikuti 5 orang peserta; UPT BKN Padang 4 orang peserta; UPT BKN Balikpapan diikuti 2 orang peserta; dan Kanreg III BKN Bandung diikuti 15 orang peserta. Sedangkan pada tanggal 17 September 2020 akan dilaksanakan SKB metode CAT di Kanreg II BKN Surabaya dan pada tanggal 21 September 2020 akan diadakan di Kanreg VI BKN Medan.

Untuk tahapan penerimaan CPNS selanjutnya adalah SKB Mandiri disertai ujian praktik untuk jabatan Pranata Komputer dan Analis Sistem Informasi, yang akan dilaksanakan di Wisma Hijau, Depok, dimulai pada Kamis (24/9/2020) mendatang. ** (Humas BP2MI)