Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

Terima Kunjungan SMK Kesehatan Adi Husada, BP2MI Siap Sinergi Tingkatkan PMI Terampil Profesional

-

00.11 15 November 2021 327

Terima Kunjungan SMK Kesehatan Adi Husada, BP2MI Siap Sinergi Tingkatkan PMI Terampil Profesional

Jakarta, BP2MI (15/11) - Direktur Pelindungan Dan Pemberdayaan Kawasan Eropa dan Timur Tengah sekaligus Plt. Kepala Biro Hukum dan Humas, Hadi Wahyuningrum menerima kunjungan kerja dari SMK Kesehatan Adi Husada, Senin (15/11/2021) di Ruang Rapat Kepala BP2MI.

Hadi mengapresiasi program SMK Kesehatan Adi Husada tersebut. Hadi menyebut kerja sama dengan BP2MI merupakan gayung bersambut.

“Ini adalah kabar baik. Fokus BP2MI salah satunya yaitu menempatkan PMI yang terampil dan profesional. Banyak peluang di luar negeri untuk menjadi nurse dan caregiver, terutama di Jepang melalui program G to G dan SSW. SMK Kesehatan Adi Husada mempunyai supply tersebut. Hal ini harus dimanfaatkan oleh lulusan SMK Kesehatan Adi Husada,” ujarnya

Diakhir pertemuan, Hadi juga menyampaikan perihal perlindungan pekerja yang bekerja ke luar negeri sesuai amanat Undang-undang No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

SMK Kesehatan Adi Husada yang diwakili oleh Kepala SMK Kesehatan Adi Husada, Eny Widyawati, menyampaikan maksud kunjungan kerja yang dilakukan ke BP2MI

“Sebagai SMK Pusat unggulan, kami ingin melebarkan sayap kami tidak hanya di lingkup Indonesia saja, tetapi di lingkup luar negeri. Kami diberikan arahan oleh Kemendikbud untuk menjalin kerja sama dengan BP2MI sebagai armada utama kami agar kami dapat menyalurkan lulusan kami ini keluar negeri.” Ujarnya

SMK Kesehatan Adi Husada berdiri sejak tahun 2021 dan bergerak dibidang kesehatan di kota Malang yang terdiri dari 3 (tiga) jurusan , yaitu keperawatan, dental assistant dan farmasi. Tahun ini, SMK Kesehatan Adi Husada ditunjuk menjadi salah satu SMK Pusat Keunggulan (center of excellent) sektor pekerja migran potensial.

“Tahun 2020, SMK Kesehatan Adi Husada sudah mengembangkan sayap dibidang caregiver dengan bekerja sama dengan homecare-homecare yang ada di kota Malang. Siswa-siswi SMK Kesahatan Adi Husada diberikan pelatihan bersertifikat  mengenai 2 (dua) hal yaitu perawatan luka dasar dan luka diabetes kemudian perawatan caregiver.” katanya.

Pertemuan ini akan segera ditindaklanjuti dengan membuat perjanjian kerjasama antara BP2MI dengan SMK Kesehatan Adi Husada dalam menempatkan pekerja migran Indonesia yang terampil dan profesional. ** (Humas/Ulv/AH)