Saturday, 28 November 2020

Berita

Berita Utama

Tingginya Antusiasme Peminat Kerja Luar Negeri di Bukittinggi dan Kabupaten Agam

-

00.11 19 November 2020 123

Kepala UPT BP2MI Padang, Joko Purwanto menjelaskan peluang kerja yang dapat diraih peminat kerja asal Kabupaten Agam, Jumat (13/11/2020)

Padang, BP2MI (19/11) – Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Padang berbagi informasi kepada masyarakat, khususnya peminat kerja luar negeri, di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Jum’at (13/11/2020) dan Minggu (15/11/2020). Peminat kerja luar negeri menyambut dengan antusiasme tinggi terkait informasi tata cara bekerja dan peluang kerja luar negeri yang dapat diraih oleh warga asal Sumatera Barat.

“Peluang kerja luar negeri masih banyak yang dapat diraih, baik itu ke Jepang, Korea, Taiwan, dan juga negara lainnya. Skema penempatan ke luar negeri pun beragam, mulai dari penempatan Government to Goverment (G to G) ke Jepang untuk tenaga perawat, Skema G to G Ke Korea untuk umum untuk lulusan minimal SMP, dan sekrang ada lowongan ke Taiwan dengan Skema SP2T (Special Placement Program to Taiwan)," ungkap Kepala UPT BP2MI Padang, Joko Purwanto.

Joko menjelaskan mengenai prasyaratan mudah untuk SP2T yang tidak mengharuskan penguasaan bahasa asing seperti di negara Jepang dan Korea. Peminat kerja melalui Sp2T tidak diwajiban bisa berbahasa Mandarin, namun diutamakan yang bisa berbahasa Mandarin. Persyaratan untuk pendidikan pun tidak terlalu tinggi,  yakni lulusan SMA/SMK sederajat jurusan apapun. Dengan usia minimal 18 tahun dan sehat secara psikis dan jasmani dapat melamar pekerjaan di Taiwan.

“Melalui SP2T ini, kita di daerah sudah didekatkan dengan peluang kerja luar negeri. Pendaftaraan dapat dilakukan secara on line. Seluruh dokumen persyaratan hanya perlu di scan dan di upload. Bahkan proses seleksi pun dapat dilakukan di daerah. Khusus untuk peminat kerja dari Sumatera Barat termasuk dari Kab. Agam dan Bukittinggi yang dapat memilih lokasi seleksi dan wawancaranya di UPT BP2MI Padang. Nanti wawancara akan kami failitasi secara on line dengan user di Taiwan," jelas Joko.

Dengan kontrak kerja selama 3 tahun, pencari kerja luar negeri yang berminat dapat langsung mendaftar melalui situs http://jobsinfo.bp2mi.go.id dan wawancara dapat dilakukan di daerah UPT BP2MI terdekat. Pada bulan November ini pun, terdapat lowongan dari salah satu user di Taiwan. Lowongan sebagai Opertor Produksi ini telah dibuka semenjak 26 Oktober dan berakhir pada 23 November 2020 ini. Dengan uraian pekerjaan di bagian penenunan dan pewarnaan dalam industri tekstil di perusahaan HOYU.

Hadir dalam kegiatan sosialiasasi migrasi aman dan peluang kerja luar negeri tersebut anggota DPR RI, Ade Rezki Pratama, yang mengingatkan masyarakat untuk dapat bersaing dengan dunia internasional apalagi sekarang telah memasuki era pasar bebas.

“Peluang kerja luar negeri harus dimanfaatkan oleh pemuda daerah, jangan sampai kita menjadi katak dalam temurung, yang tak tahu dengan kesempatan di luar sana," tutupnya. (Humas/uptbp2mipadang/dba)