Thursday, 6 May 2021

Berita

Berita Utama

Tingkatkan Kompetensi CPMI, UPT BP2MI Mataram Siap Dampingi Kota Bima

-

00.04 16 April 2021 142

Tingkatkan Kompetensi CPMI, UPT BP2MI Mataram Siap Dampingi Kota Bima.

Bima, BP2MI(16/4) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) siap mendampingi Pemerintah Kota Bima dalam peningkatkan kompetensi warga atau calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Kota Bima

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima,  H.Tafsir mengatakan, pelatihan Bahasa Jepang adalah respon dari informasi pasar kerja yang potensial ke Jepang mengingat pada tahun 2020 Kota Bima memiliki angkatan kerja sebesar 99.361 orang, sementara angka pengangguran sebanyak 4.391 orang.

"Adapun angkatan kerja dan pengangguran didominasi oleh lulusan SMA dan kuliah. Maka diharapkan pelatihan bahasa ini dapat membantu para pencari kerja untuk memenuhi persyaratan bekerja ke negara Jepang," ujar Tafsir.

Kepala UPT BP2MI Mataram, Abri Danar Prabawa mengapresiasi atas komitmen pemerintah Kota Bima melalui pelatihan Bahasa Jepang yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja ini. 

Ia menambahkan, benar ada banyak kesempatan kerja yang membutuhkan kemampuan bahasa dan kompetensi yang perlu benar-benar dipersiapkan oleh CPMI. Peningkatan kompetensi CPMI merupakan amanat Undang-undang No.18 tahun 2017.

"BP2MI akan siap mendampingi Disnaker Kota Bima dan BLK dalam rangka meningkatkan kompetensi warga Kota Bima. Menjadikan PMI asal Kota Bima menjadi pekerja profesional yang kompetitif dalam pasar kerja," pungkas Abri Danar dalam pembukaan pelatihan bahasa Jepang calon tenaga kerja/Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di UPTD-BLK Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bima Kamis (15/4). 

Sementara itu, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Bima, Ir. Hj. Rini Indriani menyampaikan kepada para peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan dengan baik. Ia mengatakan, mempersiapkan diri tidak hanya dari segi pengetahuan tetapi dari sisi psikologis khususnya ketika nanti akan tinggal dan bekerja di luar negeri. Persiapan matang adalah kunci keberhasilan.

Kegiatan pelatihan bahasa Jepang ini dimaksudkan untuk mempersiapkan CPMI yang memiliki kompetensi bahasa Jepang, agar dapat mengikuti program G to G Jepang ataupun Program Specified Skilled Worker (SSW) Jepang.*** (Humas/UPT BP2MI Mataram/TSG/PE)