Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

Tingkatkan Kompetensi Pegawai BP2MI, PPSDM Gelar Pelatihan Infografis dan Videografis

-

00.10 18 October 2021 300

Tingkatkan Kompetensi Pegawai BP2MI, PPSDM Gelar Pelatihan Infografis dan Videografis

Depok, BP2MI (18/10) - BP2MI melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) bekerja sama dengan Media Academy mengadakan Pelatihan Teknis Pembuatan Videografis dan Infografis di Lingkungan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Tahun 2021 di Gedung PPSDM BP2MI, Graha Insan Cita, Depok, Jawa Barat, selama dua hari, Senin (18/10/2021) dan Selasa (19/10/2021).

Pada hari pertama, pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala PPSDM BP2MI, Ahnas, dan dihadiri oleh Head of Media Academy, Andi Setia Gunawan; Head of Public Relations & Partnership Media Academy, Henny Puspitasari.

"Tugas kita sebagai ASN adalah mengimbangi perkembangan teknologi sehingga kita mampu bergerak beriringan sesuai dengan tuntutan zaman. Oleh sebab itu, kita harus mempersiapkan SDM dengan keterampilan digital, termasuk dengan meningkatkan kompetensi dan berkreasi lewat media Videografis dan Infografis, agar dapat mengiringi perkembangan teknologi," ucap Ahnas.

Seperti diketahui, BP2MI dengan tugas dan fungsinya dalam pelayanan Pekerja Migran Indonesia, perlu beradaptasi dalam usaha penyampaian informasi pelayanan, terutama informasi yang disampaikan kepada PMI. Karakteristik dan latar beragam Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang beragam mengharuskan kita untuk mampu mengolah informasi sebaik-baiknya sehingga dapat diterima dan dipahami oleh seluruh CPMI dan PMI tanpa terkecuali, sehingga dapat memberikan kemudahan kepada CPMI dan PMI dalam mendapatkan pelayanan yang maksimal dan tepat sasaran.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari Pejabat Fungsional dan Pengampu Jabatan Teknis di lingkungan BP2MI serta menggunakan metode klasikal atau tatap muka sebanyak 15 jam pelajaran. Pada hari pertama, peserta akan menerima materi terkait manfaat penyajian data melalui videografis dan infografis.

Pada hari kedua, peserta diberi kesempatan untuk berkunjung ke Metro TV di Gedung Media Group, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Setibanya di lokasi, peserta dibimbing menuju studio kecil untuk merasakan pengalaman menjadi seorang pembawa berita. Lebih lanjut, peserta diajak untuk berkeliling Metro TV untuk melihat proses dari awal berita masuk ke sebuah stasiun TV hingga ditampilkan di layar kaca.

Rangkaian kegiatan pelatihan kemudian ditutup oleh Koordinator Pengelolaan Orientasi Pra Pemberangkatan Calon Pekerja Migran Indonesia Skema Penempatan Pemerintah, Nugroho Pratiknyo. Nugroho menyampaikan, “Semoga ilmu yang kita peroleh selama dua hari ini dapat membantu kita bekerja dengan lebih baik lagi dan memberikan manfaat yang besar bagi para pekerja migran.” * (Humas/MT/CLN/RD)