Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Kepala BP2MI Resmikan Mobile Service

-

00.08 19 August 2021 705

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Kepala BP2MI Resmikan Mobile Service

Jakarta, BP2MI (19/8) - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani meresmikan secara langsung peluncuran mobile service yang diinisiasi UPT BP2MI Lampung sebagai bentuk Inovasi Pelayanan Publik.

“Pada hari ini, Kamis, 19 Agustus 2021, atas nama BP2MI, saya meresmikan mobile service yang diinisiasi oleh UPT BP2MI Bandar Lampung,”ujar Benny saat Press Conference di halaman Kantor Pusat BP2MI, Pancoran, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Kamis (19/8/2021).

Benny mengatakan, pada dasarnya pelayanan mobile service merupakan inovasi sistem pelayanan ‘jemput bola’ yang secara proaktif dan responsif akan memperkuat kehadiran negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung, dalam hal ini para Pekerja Migran Indonesia (PMI) beserta keluarganya.

Selain itu, lanjut Benny, melalui mobile service, pengetahuan dan kepuasan masyarakat akan dapat ditingkatkan. Sebab, karakteristik demografis penduduk yang beragam, kondisi geografis yang luas, dan topografi wilayah kompleks tidak lagi menjadi hambatan bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan akses pelayanan secara langung.  

"Mobile service merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang cepat, efektif, dan efisien, khususnya bagi masyarakat di daerah kantong-kantong PMI yang mayoritas merupakan wilayah pedesaan,”jelas Benny.

Ia berharap, beroperasinya mobile service dapat meningkatkan pengetahuan, kewaspadaan, dan kesadaran kolektif masyarakat tentang bahaya penempatan ilegal yang diikuti dengan imbauan-imbauan untuk mengikuti prosedur penempatan yang resmi. 

"Melalui mobile service, masyarakat akan mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya, baik berupa informasi mengenai peluang kerja, skema, dan tahapan dalam penempatan, program-program BP2MI, maupun pelayanan pengaduan," tutur Benny.

UPT BP2MI Lampung merupakan perintis inovasi sistem mobile service di mana pelayanan dilakukan secara berpindah-pindah tempat melalui mobil pelayanan. Kemudian ketika tiba di satu titik lokasi yang strategis, para petugas akan menggelar stand yang memperkenalkan produk-produk pemberdayaan usaha PMI purna dan informasi seputar peluang kerja (Jobs Info).

“InsyaAllah mobile service yang diinisiasi oleh UPT BP2MI Lampung ini akan kami jadikan role model untuk diterapkan seluruh UPT BP2MI di Indonesia pada tahun 2022 mendatang,” pungkas Benny. ** (Humas/BIL/MSA/MIF)