Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi, UPT BP2MI Padang Bahas Lanjutan Kerjasama dengan BLK Padang

-

00.08 14 August 2021 333

Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi, UPT BP2MI Padang Bahas Lanjutan Kerjasama dengan BLK Padang

Padang, BP2MI (14/8) – Tingkatkan sinergi dan kolaborasi, Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Padang melaksanakan kunjungan ke Balai Latihan Kerja (BLK) Padang Jumat sore (13/8/2021). Kunjungan tersebut guna membahas rencana lanjutan kerjasama UPT BP2MI Padang dan BLK Padang terkait pelatihan kepada Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Provinsi Sumatera Barat.

Dalam kunjungan tersebut UPT BP2MI Padang disambut langsung oleh Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan Kementrian Ketenagakerjaan RI yang sekaligus menjabat sebagai Plt. Kepala BLK Padang, Syamsi Harri. 

Sejak tahun 2019, UPT BP2MI Padang bekerja sama dengan BLK Padang dalam memberikan pelatihan bahasa Jepang kepada lulusan keperawatan yang berminat mengikuti program G to G Jepang BP2MI. Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan UPT BP2MI Padang dalam rangka membantu meringankan biaya yang harus dikeluarkan CPMI untuk mendapatkan sertifikat bahasa Jepang N5 yang menjadi salah satu syarat wajib yang dimiliki saat mendaftar. 

“Sejak 2019 sudah kita fasilitasi sebanyak 3 kelas. Hasilnya, 6 orang dari angkatan pertama telah lulus program G to G Jepang. 16 orang dari angkatan kedua dan ketiga sudah mendaftar EPA batch XV dan masih dalam proses seleksi,” ungkap Bayu, Kepala UPT BP2MI Padang. 

Sementara Plt. Kepala BLK Padang, Syamsi Harri menyatakan tetap mendukung program BP2MI dan melanjutkan kerjasama UPT BP2MI Padang dan BLK Padang. 

“Saat ini sudah banyak yang mendaftar untuk kelas selanjutnya, namun belum bisa dimulai karena Kota Padang masih dalam status PPKM,” ungkap Harri. 

Lebih lanjut, Harri menyampaikan rencana pelaksanaan kelas selanjutnya akan dimulai pada akhir Agustus dengan sistem yang sama seperti sebelumnya, di mana satu kelas terdiri dari 16 (enam belas) siswa. * (Humas/UPT BP2MI Padang/dm)