Saturday, 4 February 2023

Berita

Berita Utama

Universitas Terbuka Sebagai Solusi Pendidikan Jarak Jauh Bagi PMI

-

00.10 24 October 2022 308

Koordinasi dan Promosi Universitas Terbuka Luar Negeri Bagi Pegawai BP2MI

Medan, BP2MI (24/10) – Sebanyak 25 Pegawai Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Utara hadiri Kegiatan “Koordinasi dan Promosi Universitas Terbuka Luar Negeri Bagi Pegawai BP2MI”, di Hermes Hotel Medan pada 21 dan 22 Oktober 2022.

Kegiatan diawali oleh Yusrafiddin selaku Direktur Universitas Terbuka (UT) Medan yang memaparkan terkait pengenalan UT serta sejarah PTN UT sebagai penyelenggaran pembelajaran secara terbuka dan jarak jauh (PTJJ).

“UT memiliki banyak keunggulan biaya murah, tidak memakan waktu dan resiko ke kampus disaat masa pandemi Covid -19 ini. UT ini tidak kalah bersaing dengan universitas lain, selain itu, UT juga diisi oleh para tutor pengajar yang diakui serta ahli di bidang nya baik dari dalam dan luar negeri melalui kelompok Belajar,” jelas Yusrafiddin.

Pardamean Daulay selaku Ketua Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN) UT yang juga turut mengisi kegiatan memberikan kiat pengenalan dan cara promosi terkait Sistem belajar Jarak jauh dan layanan sistem UT yang mudah dan dapat  diakses oleh siapa saja lapisan masyarakat di seluruh Tanah Air bahkan di luar negeri termasuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Pada saat sekarang ini UT diminati para PMI dan sudah terdafta sebanyak 2.603 PMI yang ikut kelompok belajar UT dari berbagai negara penempatan seperti Korea dan Malaysia,” ungkap Daulay.

Dihari kedua, Pegawai BP3MI Sumut diberikan kesempatan  berdiskusi untuk pengembangan bahan presentasi serta kesempatan melakukan praktek persentasi terkait  kiat promosi.

Kepala BP3MI Sumut Siti Rolija menyampaikan, UT sebagai solusi pendidikan jarak jauh bagi PMI yang dapat dikuti dari daerah manapun bekerja. “Jadi kita harapkan PMI dapat menajdi sarjana, sehingga PMI yang bekerja disana sukses dan pulang menjadi juragan. Dengan begitu, keluarga akan lebih sejahtera dan juga bermartabat,” paparnya.    

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan UT dapat menjadi solusi untuk menempuh pendidikan jarak jauh yang tepat bagi siapa saja, termasuk PMI di luar negeri,” tutup Siti. ***(HUMAS/BP3MI Sumut)