Tuesday, 26 January 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Denpasar Bantu Fasilitasi Pemulangan PMI yang Derita Gagal Ginjal

-

00.10 12 October 2020 208

UPT BP2MI Denpasar Bantu Fasilitasi Pemulangan PMI yang Derita Gagal Ginjal

Denpasar, BP2MI (11/10) - Sebagai salah satu bentuk perlindungan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI), Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memberikan fasilitasi penanganan bagi PMI yang bermasalah, sakit, dan meninggal. Untuk itu UPT BP2MI Denpasar sebagai unit pelaksana teknis di bawah BP2MI, melaksanakan fasilitasi pemulangan PMI Ni Wayan Ninayanti, yang merupakan PMI mandiri asal Bali yang bekerja di Turki sebagai spa terapis, pada Sabtu (10/10/2020) di Bandara internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali. 

Ni Wayan Ninayanti didiagnosis mengalami gagal ginjal stadium akhir pada awal bulan September 2020 ketika masih bekerja di Alanya, Turki. Oleh dokter di Turki, Ni Wayan Ninayanti dianjurkan untuk melaksanakan hemodialisis setiap dua hari sekali. 

Ni Wayan Ninayanti baru diizinkan untuk kembali pulang ke Indonesia setelah kondisinya dianggap stabil, yakni pada Kamis (1/10/2020). Ni Wayan Ninayanti tiba di Jakarta dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Polri untuk dilakukan swab test dan memperoleh layanan cuci darah. 

Proses pemulangan tersebut tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara BP2MI, perwakilan RI, UPT BP2MI Denpasar dan UPT BP2MI Serang, serta Satgas COVID-19 Jakarta.

Setelah mendapat perawatan selama 7 hari di Rumah Sakit Polri, kondisi Ni Wayan Ninayanti dinyatakan cukup stabil untuk terbang kembali ke Bali, pada Sabtu (10/10/2020) dengan biaya kepulangan yang ditanggung oleh BP2MI. 

UPT BP2MI Denpasar mendampingi penjemputan PMI Ni Wayan Ninayanti di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dan kemudian dibawa ke Rumah Sakit Gianyar untuk memperoleh pemeriksaan lebih lanjut. *** (Humas/Upt BP2MI Denpasar_Ayu)