Tuesday, 7 July 2020

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Makassar Fasilitasi Pemulangan 24 PMI Asal NTT

-

00.06 26 June 2020 84

UPT BP2MI Makassar Fasilitasi Pemulangan 24 PMI Asal NTT

Makassar, BP2MI (26/6)– UPT BP2MI Makassar memfasilitasi pemulangan 24 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang diberangkatkan melalui Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba menuju Pelabuhan Maropokot, NTT, pada Kamis (25/6/2020) tengah malam.

Kepala UPT BP2MI Makassar, Mohd. Agus Bustami yang hadir langsung dalam pengantaran PMI di Pelabuhan Bira tersebut menyatakan bahwa PMI berangkat dengan menaiki Kapal KM Sangke Pallangga dengan menempuh rute Bira-Jampea kemudian ke Marapokot, NTT, dan diperkirakan akan akan tiba pada besok hari.

Para PMI deportan Malaysia asal NTT terebut masing-masing berasal dari Ende, Flores Timur, Larantuka, Sikka, Lembata, Maumere, Menano, Kupang, dan Sumba Timur. Mereka sebelumnya dideportasi dari Tawau, Malaysia, pada 3 Juni 2020 lalu bersamaan dengan PMI lainnya dengan total 240 PMI, tiba di Pelabuhan Nusantara Parepare, Sulawesi Selatan pada 5 Juni 2020. 

Mereka sempat tertahan di Makassar selama sekitar 20 hari akibat tidak adanya akses transportasi laut maupun udara ke provinsi NTT.
Atas rekomendasi dari Pemerintah Daerah NTT, mereka diusulkan untuk diberangkatkan melalui kapal fery menuju Pelabuhan Bira pada Kamis (25/6/2020) sore.

Sebelum melepas keberangkatan PMI, Kepala UPT BP2MI Makassar berpesan kepada PMI agar tetap menerapkan physical distancing.

"Diharapkan agar semuanya tetap memakai masker, menerapkan protokol kesehatan pada saat kedatangan di rumah masing-masing, serta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Kami juga berpesan kepada PMI agar tidak lagi berangkat ke luar negeri secara nonprosedural," ungkap Agus Bustami.*** (Humas/UPT BP2MI Makasssar/Arif)