Thursday, 24 September 2020

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Makassar Fasilitasi Pemulangan 55 PMI dari Malaysia

-

00.09 12 September 2020 103

UPT BP2MI Makassar Fasilitasi Pemulangan 55 PMI dari Malaysia

Makassar, BP2MI (12/9) - UPT BP2MI Makassar memfasilitasi pemulangan 55 Pekerja Migran Indonesia (PMI) deportasi Malaysia dari Nunukan menggunakan kapal Thalia dan tiba di pelabuhan Nusantara Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (11/9/2020).

Para PMI tersebut dideportasi dari Malaysia karena beberapa kasus, seperti penempatan secara nonprosedural, kasus narkoba, kriminal, dan habis kontrak/over stay. Pemulangan para PMI tersebut sudah memenuhi standar kesehatan pemulangan PMI pada masa pandemi Covid-19, yakni didahului dengan pelaksanaan rapid test maupun swab test sebelum diberangkatkan ke Makassar.

Kepala Seksi Perlindungan UPT BP2MI Makassar,  Purworini Indah Setyasih, bersama tim Seksi Perlindungan menyambut kedatangan para PMI dan menyerahterimakan mereka kepada Pemerintah Daerah asal PMI maupun pihak keluarga PMI yang hadir menjemput di terminal kedatangan Pelabuhan Nusantara Parepare.

"Bagi PMI yang tidak dijemput oleh Pemda asal PMI maka untuk sementara mereka ditampung untuk beristirahat dahulu di Pos Debarkasi BP2MI Parepare yang terletak di Jl. Mattirotasi Parepare, untuk selanjutnya difasilitasi oleh UPT BP2MI Makassar untuk kembali ke daerah asal," demikian keterangan yang disampaikan oleh Kepala UPT BP2MI Makassar, Mohd. Agus Bustami, di tempat yang berbeda.

Selama proses perjalanan PMI sampai ke daerah asal, pihak UPT BP2MI Makassar tetap melaksanakan pemantauan dan evaluasi sampai PMI tersebut tiba di rumah keluarganya dengan selamat. *** (Humas/UPT BP2MI Makassar/Nila)