Wednesday, 21 October 2020

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Medan Dukung Terbentunya LTSA di Kabupaten Deli Serdang

-

00.10 8 October 2020 130

UPT BP2MI Medan Dukung Terbentunya LTSA di Kabupaten Deli Serdang

Medan, BP2MI (08/10) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) BP2MI Medan, Sumatera Utara, mendukung terbentuknya Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara untuk mendekatkan pelayanan kepada Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). 

Dukungan UPT BP2MI disertai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri yang diikuti 7 (tujuh) Stakeholder terkait diantaranya Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Deli Serdang, Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Morawa, Kepala UPT BP2MI Wilayah Sumatera Utara dan Pimpinan Cabang PT BRI Cabang Lubuk Pakam. Rabu (7/10) di Aula Kantor P3UD Kabupaten Deli Serdang.

Kepala UPT BP2MI Medan, Syahrum, mengatakan sangat mendukung terbentuknya LTSA di Sumatera Utara karena dari 33 Kabupaten / Kota se Sumatera Utara, Kabupaten Deli Sedang merupakan daerah pertama yang menginisiasi terbentuknya LTSA tersebut.

Perlu kami sampaikan Penempatan PMI bekerja ke Luar Negeri terutama Penempatan ke Malaysia dari 33 Kabupaten/ Kota di Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdanglah sebagai Kantong PMI terbanyak untuk penempatan PMI dengan data Penempatan dari Tahun 2017 = 2.356 PMI dari 15.999 PMI ; Tahun 2018 = 2.526 PMI dari 17.365 PMI; Tahun 2019 = 2.067 dari 15.446 PMI dan Tahun 2020 sd. September = 351 PMI dari 2.641 PMI, kata Syahrum. 

Penyerahan dokumen Perjanjian Kerjasama LTSA di Kabupaten Deli Serdang diserahkan Wakil Bupati Deli Serdang, HM. Ali Yusuf Siregar, kepada Para Pimpinan Stakeholder terkait, dan Wakil Bupati Deli Serdang berterimakasih atas terbentuknya LTSA ini yang diharapkan lebih memberikan pelindungan kepada Pekerja Migran asal Kabupaten Deli Serdang, dimana PMI yang bekerja ke Luar Negeri ikut memberikan konstribusi dalam Pembangunan di Kabupaten Deli Serdang melalui Pengiriman Remintansi ke Kampung Halaman masing – masing PMI. *(Humas/UPT BP2MI Medan_rhsoloan)