Thursday, 24 June 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Medan Fasilitasi Pemulangan Jenazah Pekerja Migran Kesuma Hayati

-

00.01 4 January 2021 599

UPT BP2MI Medan Fasilitasi Pemulangan Jenazah Pekerja Migran Kesuma Hayati

 
 Medan, BP2MI (4/1) - UPT BP2MI Medan 
memfasilitasi kepulangan jenazah PMI  Kesuma Hayati Aulia Sirait di Bandara Kualanamu, Medan, Jumat (1/1/2021).

Kepala UPT BP2MI Medan Syahrum mengatakan, sesuai informasi yang diterima dari pihak KBRI Kuala Lumpur, almarhum meninggal karena dibunuh pada tanggal 23 Desember 2020 dan sampai saat ini pembunuhnya belum tertangkap. KBRI Kuala Lumpur lalu mengirimkan surat permohonan bantuan pemulangan jenazah pada tanggal 27 Desember 2020.

Syahrum menambahkan, UPT BP2MI Medan terus  melalukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan, termasuk Dinas Tenaga Kerja, Kesbangpol, dan Perlindungan Perempuan dan Anak  (PPA), untuk mencari informasi mengenai proses pemberangkatan almarhum yang terindikasi unsur trafficking karena berangkat secara nonprosedural dan masih berumur 14 tahun.

"Pihak keluarga almarhum sebenarnya belum menyampaikan pengaduan secara lisan maupun tertulis kepada Pemerintah Daerah Kab. Asahan atau pihak yang berwajib lainnya. Dan di saat bersamaan, pihak Polres Asahan masih menunggu kedatangan kakak kandung almarhum, Akmalia Saufi Sirait dan sepupu almarhum, Yayang, yang saat ini masih dalam proses melengkapi dokumen pemulangan dari Malaysia, agar dapat menindaklanjuti informasi yang diterima," jelasnya.

Syahrum kembali mengimbau kepada para masyarakat di Sumatera Utara, jika ingin bekerja ke luar negeri untuk meminta mengenai informasi tata cara pemberangkatan secara prosedural dari Disnaker setempat atau UPT BP2MI Medan yang bertempat di Jalan Pendidikan No. 357 Marindal atau P4TKI Tanjung Balai di Jalan Jen. Sudirman Km. 3,5 Kel. Pantai Johor, Kec Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai.

"Bisa juga melalui telepon di 08116000650 atau  0623 – 7595982. Ini semua agar CPMI terhindar dari masalah dalam proses penempatan, baik di dalam negeri maupun  pada saat bekerja di luar negeri," ungkap Syahrum.

Turut hadir melakukan penjemputan Jenazah yaitu pihak keluarga, Kepala UPT BP2MI Medan, Syahrum, bersama Tim Pelindungan UPT BP2MI Medan, Mohd. Fuad Wahyudi dan Suyoto; pihak Pemprov. Sumut, anggota Tim Satgas Pencegahan/Penanggulangan PMI Nonprosedural Prov. Sumut Tahun 2020, Robinson dan Zulkarnaen; Kepala Seksi Pelayanan UPTD P2TP2A Prov. Sumut, Widya Susanti; Kepala Disnaker Kab. Asahan, Budi Ansari; serta pihak Polisi Bandara. ** (Humas/UPT BP2MI Medan)