Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Nunukan Fasilitasi Vaksinasi Bagi 138 PMI Deportan

-

00.09 8 September 2021 272

UPT BP2MI Nunukan Fasilitasi Vaksinasi Bagi 138 PMI Deportan

Nunukan, BP2MI (7/9) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Nunukan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tarakan dan TNI Angkatan Laut (AL) Nunukan untuk memfasilitasi proses vaksinasi bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) deportan pada hari Selasa (7/9/2021).

Kegiatan vaksinasi ini dilakukan di Rusunawa Nunukan, Kalimantan Utara dan diikuti oleh sebanyak 138 PMI yang dideportasi dari Malaysia yang kemudian akan dipulangkan kembali ke daerah asal di Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

Sub-Koordinator Pelindungan dan Penempatan UPT BP2MI Nunukan, Arbain, mengatakan para PMI dideportasi dan dipulangkan ke Indonesia tanggal 1 September 2021. Ada sejumlah 161 orang, baik orang dewasa maupun anak-anak yang dipulangkan dari Tawau ke Nunukan. Selain akomodasi dan transportasi, salah satu fasilitas yang mereka dapatkan sebelum kembali ke daerah asal adalah vaksinasi COVID-19.

Lebih lanjut, Arbain menyampaikan bahwa ada PMI yang sakit dan sempat dirujuk ke rumah sakit daerah. PMI tersebut tidak divaksin karena sakit yang dideritanya. “PMI tersebut belum dapat divaksin sebelum keadaannya membaik. Jadi, hanya 138 PMI dari 161 PMI yang mendapatkan vaksin, dengan rincian 111 orang laki-laki dan 29 orang perempuan,” pungkas Arbain.

Sementara itu Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Nunukan, Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto, yang didampingi oleh ketua cabang 7 Korcab XIII DJA II, Endang Nonot Eko Febrianto, turut meninjau jalannya giat vaksinasi. Ia merasa mempunyai tanggung jawab bersama karena para PMI adalah warga negara VVIP yang harus diperhatikan kesehatan dan keamanannya sebelum kembali ke kampung halaman dengan memberikan fasilitas vaksinasi sebagai langkah antisipasi atas langkanya ketersediaan vaksin di daerah asal masing-masing PMI.

“Kegiatan serupa sudah pernah dilaksanakan sekitar bulan Juli 2021 yang lalu dan ke depannya akan terus dilaksanakan karena vaksin untuk masyarakat Indonesia merupakan tanggung jawab kita bersama. Vaksin disediakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Nunukan, sedangkan tim vaksinator dan pendukung sendiri terdiri dari Timkes Balai Pengobatan Lanal Nunukan, Timkes KKP Nunukan, serta PMI Nunukan, Kodim 0911/NNK, UPT BP2PMI Nunukan, serta Satpol PP Kabupaten Nunukan. * (Humas/UPT BP2MI Nunukan)